PENGEMBANGAN BUKU CERITA TENTANG DESA TENGANAN DAUH TUKAD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita tentang Desa Tenganan Dauh Tukad sebagai buku pelengkap pembelajaran untuk meningkatkan literasi budaya siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Namun, karena pandemi covid 19 maka pengembangan hanya pada tahap implementasi saja. Subjek pengembangan ini adalah 3 ahli (materi dan media), 3 orang guru dan 25 orang siswa kelas V. Data dari ahli digunakan untuk menguji validasi buku cerita,data dari guru untuk menguji kepraktisan buku cerita dan data dari siswa untuk menguji efektivitas buku cerita. Instrumen penelitian mencakup: lembar penilaian materi pelajaran dalam buku cerita, lembar penilaian materi buku LORI, lembar penilaian media LORI, kuesioner kepraktisan dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalis dengan formula Gregory, formula Lawshe dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan 1) produk berupa buku cerita valid baik secara materi maupun media, 2) produk berupa buku cerita sangat praktis dan 3) produk berupa buku cerita terkategori efektif.
Rincian Artikel
Referensi
Amri, Sofan. Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Arikunto, Suharsimi (Ed). 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arief S Sadiman, dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Ashar.2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grasindo Persada Candiasa. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Azhar Arsyad. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Dardjowidjojo, Soedjono. 2003. Psikolinguistik: Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Dick, W and L. Carey, J. O. Carey. 2005. The systematic Design of Instruction. New York : Logman.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan & Kebudayaan dengan Rineka Cipta
Depdiknas, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Dikmenum. Depdiknas
Gregory, J. Robert. 2010. Tes Psikologi, Sejarah, Prinsip dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.
Heruman, 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Ibrahim, dkk. 2003. Perencanaan Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Jogjakarta: Mitra Cendika Press.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Neuman, W. L. 2007. Basic of Social Research: qualitative and quantitative approach. Boston, United State of America: Pearson Education, Inc.
Notoatmodjo . 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016Tentang Standar ProsesPendidikan Dasar dan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.
Sugiarto, Sitinjak. (2006). Lisrel. Edisi Pertama. Cetakan Pertama Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Wigianto. 2015. “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar”. E-Journal, Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Jogjakarta. Tersedia pada https://osf.io/tjc32/download (Diakses tanggal 19 Maret 2021).