PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

K.S.P. Wahyuni
I Made Candiasa
I Made Citra Wibawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada siswa kelas Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 fase, yaitu analyze (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Namun pada pelaksanaannya hanya sampai pada fase implementasi yang dilakukan secara daring. Subjek penelitian ini sebanyak 16 orang yang terdiri dari 3 akademisi, 3 guru kelas IV dan 10 siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 5, yaitu: lembar penilaian materi pelajaran dalam LKPD, lembar penilaian materi LKPD dari LORI, lembar penilaian media pembelajaran LORI, kuesioner kepraktisan dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan formula Gregory dan menghitung rata-rata nilai dari ahli, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan a) karakteristiks e-LKPD mencakup 5 bagian, yaitu : komponen, tampilan, materi, aktivitas pembelajaran dan sistem penilaiannya, b) e-LKPD yang dikembangkan bersifat sangat valid baik dari segi materi dengan skor (4,69) maupun sebagai media pembelajaran dengan skor (4,78), c) e-LKPD terkategori sangat praktis dengan skor 4,51 dan d) e-LKPD yang dikembangkan efektif menghasilkan nilai rata-rata 83,67 dengan ketuntasan 90%.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ahmad, dkk. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2) : 115-123
Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing;A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc
Darmojo, Hendro dan Kaligis, Jenny R.E. 1993. Pendidikan IPA 2.Jakarta: Depdikbud.
Dewi, T. N. C dan Susilowibowo, J. 2016. Pengembangan LKS dalam Rangka Menunjang Pembelajaran Berbasis Scientific Approach pada Materi Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan, Vol 4(3), hal, 1–6.
Dinni, H., 2018. “HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika.”PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, 170-176. Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Heruman, 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Hosnan.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jatmika H. 2005. Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.
Karar, E. E dan Yenice, N. 2012. The Investigation of Scientific Process Skill Level of Elementary Education 8th Grade Students in View of Demographic Features. Procedia Social and Behavioral Sciences, 46, 3885–3889.
Khairani, Khairani., Susi, Herawati and Arlina, Yuza. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Pembelajaran Matematika Materi Pengukuran Sudut Untuk Peserta Didik Kelas IV SD N 20 Kurao Pagang. Repository Universitas Bung Hatta.
Khotimah, R. P dan Sari, M. C. P. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Konteks Lingkungan. Jurnal Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Vol 9(3), hal. 761–775.
King,F., Goodson, L., & Rohani, F. (2011). Higher Order Thinking Skills: Assessment and Evaluation. California, USA: Center for Advandcement of Learning and Assessment.
Kumalasari, Maharani Putri. 2018. Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 1-11
Musfiqi, S dan Jailani, J. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Tersedia pada https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9063
Muzayyanah,A., Wijayanti, A dan Ardiyanto,A. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Kelas IV Sekolah Dasar. Tersedia pada https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1961
Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.
Nurjanah, Lia Adisa., Arcana, I Nyoman dan Rhosyida, Nelly. 2019. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Materi Skala Kelas V Sekolah Dasar. Trihayu, Vol 5(3), hal. 646-654
Prastowo, Andi. 2014. Pengebangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis Dan Praktik. Jakarta : Kencana.
Purwasi, Lucy Asri dan Fitriyana, Nur. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Aksioma, Vol 9(4), hal. 894-908
Sadiman, Arief S. 2009. Media Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo
Suryabrata, Sumadi. 2000. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Suyanto, Slamet,dkk. 2011. Lembar Kerja Siswa (LKS).Prosiding Seminar Pembekalan guru daerah terluar, terluar, dan tertinggal Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Teti dan Hamdu, Ghullam. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Hots Berdasarkan Taksonomi Bloom di Sekolah Dasar. Pedadidaktika, Vol 5(3), hal. 45-58
Trianto. (2010). Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: CV Pustaka Cendekia Utama.