PENGARUH MODEL PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA
Main Article Content
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang bervariasi dan masih menerapkan model pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh menggunakan model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solusition posing pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 106163 Bandar Klippa menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan desain pre Eksperiment menggunakan One-Group-Pretest-Postest, yaitu Jenis penelitian pada satu kelompok sujek diberikan intervensi atau perlakuan. Subjek penelitian ini 22 siswa, diantaranya laki-laki 10 siswa dan perempuan 12 siswa. Objek penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing. Data dikumpulkan melalui instrument test berupa soal pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal. Hasil perhitungan melalui tes menunjukkan p (sig(2-tailed) sebesar 0,000 karena nilai p < 0.05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh model Problem Posing Tipe Pre- Solution Posing pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Pancasila Dalam Diriku dengan Topik Makna Sila-Sila Pancasila dan sikap perilaku yang mencerminkan pengalaman Pancasila kelas IV di SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025 terhadap hasil belajar Siswa. Dengan hasil rata-rata pre-test 53.64 meningkat pada hasil rata-rata post-test 79.77.
Article Details
References
Anggraeni, W. (2019). Analisis Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Presolution Posing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/123456789/5441/1/1602070033_Skripsi Winni Anggraini.pdf
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–470. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan , Strategi , dan Model Pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1), 31–52. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.115
Eka, Y., & Prastiwi, N. (2023). Penilaian Dan Pengukuran Hasil Belajar Pada Peserta Didik Berbasis Analisis Psikologi. 1(4), 218–231.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz Media. https://kubuku.id/detail/model-model-pembelajaran-inovatif/20731
Hendrajaya, Sugiatno, Suratman, D., Rif’at, M., & Putra, F. G. (2022). Problem Posing to Develop Students’ Mathematical Creativity. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 5(2), 145–154. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/indomath.v5i2.27
Iswanto. (2022). Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(3), 365–370. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/strategi.v2i3.1468
Lutfi, A. (2016). Problem Posing Dan Berpikir Kreatif. Prosoding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2016, 88–98. https://www.academia.edu/98062121/Problem_Posing_Dan_Berpikir_Kreatif
Putri, F. A., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2783
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181–204. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9
Sasmita, R. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1313
Setiawan, M. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran (Fungky (ed.); Issue August 2017). Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Setiawan-9/publication/343384767_belajar_dan_pembelajaran/links/5f2e49ef458515b7290d42bd/belajar-dan-pembelajaran.pdf
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilowati, S. R., & Supriyadi, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Edukasi Elektro, 4(1), 41–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jee.v4i1.28950
Triyanto, & Fadhilah, N. (2018). Penguatan nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan, 15(2), 161–169. https://doi.org/10.21831/jc.v15i2.20709