PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN BAGI SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

S. Megawati
I.W. Lasmawan
I.K. Gading

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar untuk menanamkan nilai karakter disiplin bagi siswa kelas 1 sekolah dasar yang acceptability. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model ADDIE. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa dataacceptability (keberterimaan) yang meliputi utility (kegunaan), feasibility (kelayakan), dan accuracy (ketepatan)penggunaan dari produk yang dikembangkan.Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Karakteristik buku cerita bergambar untuk menanamkan nilai karakter disiplin yaitu: a) buku berukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan font san-serif Andika New Basic; b) menggunakan tokoh manusia dengan nama tokoh utama Putu dan Made; c) judul buku “Ingin Menjadi Siapa?”; dan d) anatomi buku terdiri dari cover, halaman prancis, identitas penulis dan badan naskah. (2) Hasil uji keberterimaan (acceptability) dapat dijabarkan sebagai berikut. a) Hasil uji utility sebesar 95,00% berada pada rentang 81%-100%. Ini berati bahwa buku cerita bergambar memiliki nilai utility sangat baik; b) Rata-rata persentase hasil uji feasibility sebesar 93,00% berada pada rentang 81%-100%. Ini berati bahwa buku cerita bergambar memiliki nilai feasibility sangat baik; dan c) Rata-rata persentase hasil uji accuracy sebesar 97,00% berada pada rentang 81%-100%. Ini berati bahwa buku cerita bergambar memiliki nilai accuracy sangat baik. Berdasarkan hasil uji acceptability yang meliputi yaitu kegunaaan (utility), kelayakan (feasibility), dan ketepatan (accuracy) berada pada kategori sangat baik. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan buku cerita bergambar untuk menanamkan karakter disiplin bagi siswa kelas 1 sekolah dasar yang acceptability.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anderson W Lorin, K. R. D. (2014) Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.
Gilang, L., Sihombing, R. M. and Sari, N. (2015) ‘Pengaruh Konteks pada Ilustrasi Buku Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini’, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), pp. 41–50. doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p41-50.
Howes, C. (2015) ‘Children’s pre-academic achievement in pre-Kindergarten programs’, Early Childhood Research Quarterly, 30(1), pp. 27–50. doi: https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2007.05.002.
Irsan, S. (2020) ‘Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Kota Baubau’, (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1).
Jennifer, M. (2014) ‘Reading Contemporary Illustrated Children’s Book’, Children’s Literature, 42(1), pp. 24–245.
Munthe, Ashiong Parhehean, D. H. (2019) ‘Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar’, Jurnal Satya Widya, 35(2), pp. 98–111. doi: https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111.
Mustaji (2005) Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik: Penerapan dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: UNESA Press.
Nurgiyantoro, B. (2005) Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: UGM Press.
Nurhayana, E. (2019) Menggapai Puncak Anugerah Konstitusi. Gianyar: Yayasan Er Institute.
Purnama, S. (2010) ‘Elemen Warna dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam’, Jurnal Al-Bidayah, 2(1), pp. 113–129.
Rahayu, T. (2020) ‘Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah’, in The Progressive and Fun Education Seminar ISBN: 978-602-361-045-7.
Rahmawati, F. (2012) Penguatan Karakter Siswa Dengan Pelibatan Keluarga di Lingkungan Pendidikan Dasar Muhammadiyah. Surakarta: UMS.
Resnick, E. (2013) Design for Communication: Conceptual Graphic Design Basics. New Jersey. John Wiley & Sons Inc.
Sugiyono (2009) Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Suyanto (2003) Multimedia, alat untuk keunggulan bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Trimansyah, B. (2020) Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra. Jakarta: Kemendikbud.
Walker, S. (2012) ‘Describing The Design of Children Books: An Analytical Approach’, Arts and Humanities Journal, 48(3), pp. 180–199.