PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI FULLDAY SCHOOL KHAS LOMBOK BARAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Zubaidi
I.B.P. Arnyana
I.K. Suma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan karakter yang terintegrasi dalam sistem Full Day School dengan mengangkat kearifan lokal Lombok Barat guna membentuk karakter siswa secara lebih efektif. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDIT Insan Mulia Kediri, Lombok Barat, yang menerapkan sistem Full Day School. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, angket kepada siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan karakter berbasis Full Day School khas Lombok Barat berhasil mengintegrasikan nilai-nilai lokal seperti religiusitas, gotong royong, nasionalisme, integritas, dan kemandirian dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Model ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pendidikan formal. Berdasarkan uji coba dan evaluasi, model ini terbukti efektif dalam meningkatkan nilai-nilai karakter siswa. Perubahan positif terlihat pada aspek religiusitas, gotong royong, nasionalisme, integritas, dan kemandirian. Model ini mendapat respon positif dari guru dan orang tua karena menekankan pengembangan karakter selain pencapaian akademik, yang sesuai dengan budaya masyarakat Lombok Barat. Model ini diharapkan dapat diterapkan lebih luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter di Indonesia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arifin, M. (2023). Model pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Jakarta: Rajawali Press.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer Science & Business Media.

Ghufronudin, G., & Wulandari, S. (2017). Representasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran membatik. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.20961/jas.v6i2.18020

Hasanah, U. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis Full Day School di sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Izza, I. (2017). Relevansi sistem Full Day School dengan pendidikan karakter anak. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 3(2), 118–133. https://pegegog.net/index.php/pegegog/article/download/2105/753/14129

Johansyah. 2011. Pendidikan Karakter Dalam Islam: Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Islam Futura, XI (1), 87-88. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.63

Lickona, T. (1992). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Muhammad, A. (2020). Konsep dan implementasi Full Day School dalam pendidikanIslam. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho, H. (2022). Kearifan lokal dan pendidikan karakter: Studi kasus di Indonesia Timur. Malang: UMM Press.

Rahmat, H. (2019). Pendidikan karakter dalam sistem sekolah Full Day School. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Rahayu, S. (2020). Integrasi kearifan lokal dalam pendidikan karakter berbasis sekolah Islam terpadu. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Rachmadyanti, P. (2020). Studi literatur: Kearifan lokal masyarakat Using sebagai sumber belajar IPS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 827–832. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i9.15010

Santrock, J. W. (2018). Life-span development (16th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Suyanto, S. (2019). Problematika pendidikan karakter di Indonesia. Yogyakarta: UNY Press.

Suyono, D. (2017). Nilai-nilai budaya lokal dalam membangun karakter bangsa. Jakarta: Gramedia.

Sutrisno, A. (2016). Pendidikan karakter berbasis budaya lokal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syahputra, M. C. (2019). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Lampung di era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 51–58. https://www.academia.edu/42971777/Pendidikan_Karakter_Berbasis_Kearifan_Lokal_Lampung_di_Era_Society_5_0

Triyana, Y. (2019). Sistem Full Day School dalam menguatkan karakter peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 516–521. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11793

Wahyudi, R. (2021). Model pengembangan pendidikan karakter di sekolah berbasis Full Day School. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wulandari, S. (2023). Integrasi nilai kearifan lokal dalam pendidikan karakter siswa di era globalisasi. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(4), 270–280. https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i4.27026

Zubaedi, A. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.