PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPEKAAN SOSIAL PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning atau PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosial siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD di Gugus Mamben Daya, Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain "pretest-posttest nonequivalent control group." Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest pada kelompok eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dianalisis menggunakan teknik statistik MANOVA dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosial siswa anatra yang dibelajarkan dengan PBL dan yang diajarkan dengan konvensional. (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa anatra yang dibelajarkan dengan PBL dan yang diajarkan dengan konvensional. (3) terdapat perbedaan kepekaan sosial siswa anatra yang dibelajarkan dengan PBL dan yang diajarkan dengan konvensional. Pada variabel kemampuan berpikir kritis, rata-rata N-Gain kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dengan hasil uji ANOVA menunjukkan nilai F sebesar 403,321 dan tingkat signifikansi 0,000. Sementara itu, pada variabel kepekaan sosial, kelompok eksperimen juga menunjukkan rata-rata N-Gain lebih tinggi, dengan nilai F sebesar 89,557 dan tingkat signifikansi 0,000. Hasil ini mengindikasikan bahwa model PBL secara signifikan lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosial siswa. Model PBL mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran melalui pemecahan masalah, diskusi kelompok, dan eksplorasi yang relevan. Hal ini tidak hanya meningkatkan keterampilan berpikir kritis tetapi juga keterampilan sosial seperti empati, kerjasama, dan kemampuan berkomunikasi. Berdasarkan temuan ini, penelitian merekomendasikan penerapan model PBL sebagai pendekatan strategis dalam pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan kognitif dan sosial siswa, khususnya di tingkat sekolah dasar.
Rincian Artikel
Referensi
Dewey, J. (1933). How we think: A restatement of the relation of reflective thinking to the educational process. D.C. Heath and Company.
Ennis, R. H. (2011). Critical thinking: A streamlined conception. Teaching Philosophy, 34(3), 175-184. https://doi.org/10.5840/teachphil201134325
Hartono, D., & Huda, M. (2019). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar: Mengembangkan Pengetahuan dan Keterampilan Sosial. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 25-39.
Johnson, D. W., & Johnson, F. P. (1999). Joining together: Group theory and group skills (7th ed.). Prentice Hall.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (1994). Active learning: Cooperation in the college classroom (2nd ed.). Interaction Book Company.
Kim, S., Choi, J., & Jang, J. (2018). Effects of problem-based learning on critical thinking and social sensitivity in nursing students. Journal of Nursing Education, 57(8), 478-485.
Lai, M. L. (2011). Problem-based learning as an instructional method: A review of literature. Educational Research and Reviews, 6(4), 330-336.
Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. Viking Press.
Savery, J. R. (2015). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 9(2), 3-14.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-14). Alfabeta.
Sumarmi, S. (2012). Model Pembelajaran Berbasis Masalah: Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan 15(3), 145-153.
Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation.
Topping, K. J., Buchs, C., Duran, D., & Van Keer, H. (2008). Effective peer learning: From principles to practical implementation. Learning and Instruction, 18(1), 19-22.
Tseng, Y. F., & Yang, S. H. (2012). The effects of problem-based learning on students’ critical thinking, problem-solving, and learning attitudes. Computers & Education, 58(1), 34-42.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.