PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V Sekolah Dasar (SD) Gugus Suntalngu Kec.Suela Kabupaten Lombok Timur . Terdapat pengaruh penggunaan media audio Visual terhadap prestasi belajar Siswa Kelas V SD Gugus Suntalangu Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur, dan ada perbedaan pengaruh penggunaan Media Audio Visual di bandingkan dengan konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar Sisswa Kelas V SD Gugus Suntalangu Kecamatan Suela Kabupaten Lombk Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Comprasion Grup Design pretest-posttest control group. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa teknik dalam mengumpulkan data, yaitu: Observasi, Tes, Angket, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Peningkatan motivasi ini diindikasikan oleh minat yang lebih besar terhadap materi yang diajarkan, peningkatan partisipasi dalam kegiatan kelas, dan sikap positif terhadap pembelajaran IPA. Selain itu, hasil posttest menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dalam kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, yang mengindikasikan bahwa media audio visual efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pencapaian akademik siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media audio visual memiliki dampak positif yang signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, disarankan agar guru mempertimbangkan penggunaan media ini sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam mata pelajaran yang memerlukan visualisasi konsep yang kompleks seperti IPA.
Rincian Artikel
Referensi
Ardiansyah, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar PAI Kelas IV SDN 40 Kabupaten Kaur. Skripsi. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Bertha, N., Zulaiha, S., & Yulizah, Y. (2022). Analisis Pembelajaran Berbasis Outdoor Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong [PhD Thesis]. IAIN CURUP.
Faishol, R., & Mashuri, I. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 MI Tarbiyatus Sibyan Srono. INCARE, International Journal of Educational Resources. 1(6), 523-540
Firdaniati, F., Wahyudi, E., & Supardan, D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 83 Lebong. [PhD Thesis]. IAIN CURUP.
Hasan, H. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 3(2). https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7538
Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa smp di era pandemi covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400
Priyayi, D. F., Keliat, N. R., & Hastuti, S. P. (2018). Masalah dalam pembelajaran menurut perspektif guru biologi sekolah menengah Atas (SMA) di Salatiga dan Kabupaten Semarang. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 85–92. https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1243
Ramadhani, T., & Koryati, D. (2018). Analisis model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran ekonomi di SMA se-Kecamatan Indralaya. Jurnal PROFITA: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 34–45.
Sari, D., & Lestari, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(2), 71– 80. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2690
Sati, N. L., Sabri, T., & Uliyanti, E. (t.t.). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31637
Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). http://dx.doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
Wardani, N. M. M., Haris, I. A., & Tripalupi, L. E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Akuntansi Siswa Kelas X Ak Di Smk N 1 Singaraja Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 263–272. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20136
Widyastuti, R. (2010). Hubungan motivasi belajar dan hasil tes intelegensi dengan prestasi belajar [PhD Thesis]. UNS (Sebelas Maret University).
Widoyoko, S. E. P., & Kustilah, S. (2017). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2), 67-82.
Yenni, Y., Syamswisna, S., & Marlina, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sel Kelas Xi Mia Sma. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(9). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i9.27915