PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD

Main Article Content

I.P.A.A. Pramana
I.B. Putrayasa
D.B. Sanjaya

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Pengembangan Instrumen Sikap Peduli dan Kompetensi Pengetahuan IPA untuk Siswa kelas IV SD. Penelitian ini memiliki 4 tujuan yaitu : 1) Untuk mengetahui validitas sikap peduli siswa kelas IV SD. 2) Untuk mengetahui validitas kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. 3) Untuk mengetahui reliabilitas instrumen sikap peduli siswa kelas IV SD.4) Untuk mengetahui validitas kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Dalam penelitian PengembanganInstrumen Sikap Peduli dan Kompetensi Pengetahuan IPA untuk Siswa kelas IV SD ini dilakukan sampai tahap evaluation. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil validasi instrumen sikap pedulisiswa berada pada kategori “Valid” dengan jumlah butir pertanyaan sebanyak 40 soal. 2) Hasil validasi instrumen kompetensi pengetahuan IPA berada pada kategori “Valid” dengan jumlah butir pertanyaan sebanyak 40 soal. 3) Hasil reliabilitas instrumen sikap peduli berada pada kategori “Tinggi” dengan nilai Alpha Cronbach adalah 0,80. 4) Hasil reliabilitas instrumen hasil belajar IPA berada pada kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai r adalah 0,82. 5) Hasil analisis Anates dan SPSS menunjukkan bahwa 34 soal kompetensi pengetahuan IPA (85%) terkategorisasi valid dan 24 pernyataan kuisioner sikap peduli (60%) terkategorisasi valid Selanjutnya, hasil perhitungan reliabilitas instrumen soal kompetensi pengetahuan IPA siswa diperoleh sebesar 0,92 dan reliabilitas instrumen sikap peduli diperoleh sebesar 0.751 sehingga instrumen soal kompetensi pengetahuan IPAdan kuisioner sikap peduli dinyatakan reliable.

Article Details

Section
Articles

References

Amali, K. and Kurniawati, Y. (2019) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar’, Journal of Natural Science and Integration, 2(2), pp. 191–202.
Arifin, Z. (2012) Evaluasi Pembelajaran. Indonesia: Dirketorat Jenderal Pendidikan Islam.
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Candiasa, I Made. 2011. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Hazami, Ridlo, S. and Iswari, R. S. (2015) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Sikap Peduli Lingkungan dengan Metode Hypnoteaching Pada Materi Pencemaran’, Journal of Innovative Science Education, 4(2), pp. 76–82.
Irawati, H., Saifuddin, F. and Ratna, M. D. (2017) ‘Pengembangan Tes dan Non Tes dalam Rangka Menyiapkan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 di SMP/MTS Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul’, 1(2), pp. 503–506.
Jumarudin, Gafur, A. and Suardiman, S. P. (2014) ‘Pengembangan Model Pembelajaran Humanis Religius dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar’, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(3), pp. 114–129.
Kementerian Pendidikan Nasional (2010) Kerangka Acuan Pendidkan Karakter Tahun Anggaran 2010. Kementerian Pendidikan Nasional.
Koyan, I Wayan. 2011. Statistik Pendidikan, Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Lawshe, C. H. 1975. A Quantitive Approach to Content Validity. Purdue University: Personnel Psychology, Inc. Hlm. 563-575.
Molenda, M. (2003) ‘In Search of the elusive ADDIE model’, (May 2003). doi: 10.1002/pfi.
Nugroho, I. A. and Sujono, H. D. (2019) ‘Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Materi Sikap Cinta Tanah Air dan Peduli Lingkungan’, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), pp. 29–41.
Pratama, D. N., Karyanto, P. and Ariyanto, J. (2018) ‘Pengembangan Subject Specific Pedagogy Berbasis Problem Based Learning untuk Penguatan Sikap Peduli Lingkungan’, Pedagogia Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(1). doi: 10.20961/paedagogia.v21i1.13404.
Sudjiono (2003) Pengantar Evaluasi Pendidikan. jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Supriatna, D., dan Mulyadi, M. 2009. Konsep dasar desain pembelajaran. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa.
Susanto, R. (2014) Teori belajar & pembelajaran. Edited by E. Unggul.