PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING PADA PEMBELJARAN IPA KELAS V SD

Isi Artikel Utama

D.P. Arimas
I.B.P. Arnyana
I.G. Margunayasa

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis PBL dengan teknik scaffolding pada pembelajaran IPA kelas V SD; dan 2) mengetahui kevalidan dan kepraktisan multimedia pembelajaran berbasis PBL dengan teknik scaffolding pada pembelajaran IPA kelas V SD. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, develop, implementation, dan, evaluation). Uji coba produk yang dikembangkan pada penelitian ini terbatas sampai valid dan praktis. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner melalui lembar: (1) validasi 3 dosen dan (2) kepraktisan 2 guru dan 27 orang siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif diperoleh dari saran ahli dan praktisi. Analisis kuantitatif diperoleh dari skor validasi dan kepraktisan.    Instrumen pengukuran tingkat kevalidan dan kepraktisan multimedia adalah lembar: (1) validasi ahli media, materi, dan desain pembelajaran dan (2) kepraktisan oleh guru dan siswa dengan rating scale 5. Berdasarkan hasil validasi multimedia dinyatakan valid dengan kategori sangat valid. Validitas multimedia pembelajaran memperoleh rata-rata skor dari ahli media sebesar 4,87 dengan kriteria sangat valid, rata-rata skor dari ahli materi sebesar 5,00 dengan kriteria sangat valid dan rata-rata skor dari ahli desain pembelajaran sebesar 4,71 dengan kriteria sangat valid. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan mendapat respon yang sangat baik dan memiliki kebermanfaatan yang baik bagi guru dan siswa dengan rata-rata skor kepraktisan multimedia pembelajaran berdasarkan analisis angket respon guru sebesar 4,58 dan analisis angket respon siswa sebesar 4,54 dengan kriteria sangat tinggi. 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agung, A.A.G. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Aji, F. K., Sudaryanto, S., & Dian, D. (2020). Peningkatan Pemahaman Sains Melalui Pembelajaran Daring Berbasis Problem Based Learning Dengan Video Pada Siswa Kelas VI SDN Surokarsan 2 Yogyakarta.
Ali, Sambas Muhidin dan M. Abdurrahman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Daryanto. 2017. Multimedia Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Hayanah, I. N., Nisa, G., Safitri, S. E., Aulia, S. C., Isnaeni, W., & Ellianawati, E. (2019). Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 142-152.
Jauhar.M. 2013. Implementasi Paikem Dari Behavioristik Sampai Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Kenan. 2019. Pengembangan Media Interaktif Berbasis PBL dengan Teknik Scaffolding dalam Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Siswa Di Kelas IV SD Negeri 050649 Simpang Pulau Rambung. Jurnal Saintech, 6 (2): 7-77.
Lily.S.N. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. 050649 Simpang Pulau Rambung. Jurnal Saintech, 6 (2): 7-77.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressibdo.
Nopian, Pengembangan Media Pembelajaran Problem Basesd Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 5(1). 1-11. Tersedia pada http://www.Undiksha.ac.id.
Richard, Griff dan J. Nesbit. 2004. “The Teaching of Quality: Convergent Participation for The Proffesional Development of Learning Object Designers”. Revue Internationale des Technologies en Pédagogie Universitaire, Volume 01, Nomor 03 (hlm.56-63).
Seameo. 2020. SEAMEO Integration Education. Thailand: SEAMEO.
Slavin, R. E. 2015. Cooperative learning: Theory, Research, and Practice. Second edition. Boston: Alyn and Bacon.
Widoyoko, S. E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta ; Pustaka Belajar