PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MATEMATIKA KELAS V SD

Isi Artikel Utama

N. Komalasari
I.G. Margunayasa
D.G.H. Divayana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan  Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD) digital berbasis Problem Based Learning ( PBL) pada materi Matematika Kelas V SD yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini  menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Dikarenakan kondisi Pandemi Covid 19 dan keterbatasan waktu, penelitian ini dilaksanakan hanya sampai tahap pengembangan (development). Subjek penelitian ini adalah LKPD Digital berbasis Problem Based Learning (PBL),sedangkan objek penelitian adalah Validitas dan kepraktisan  LKPD digital berbasis Problem Based Learning (PBL). LKPD yang dihasilkan sudah diuji validitas isinya oleh  3 pakar  yaitu Ahli Materi,Ahli Media dan Ahli Desain Pembelajaran. Hasil validasi dianalisis dengan formula Gregory dan diperoleh koefisien validitas isi sebesar 1,0 dalam kategori valid.  Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif . Hasil pengembangan LKPD yang dihasilkan  menunjukan validitas dari segi materi 3,76, validitas dari segi media 3,0 dan validitas segi desain pembelajaran 3,8. Rata-rata skor validitas LKPD secara keseluruhan  yaitu 3,52. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru diperoleh skor 3,54 dan   kepraktisan untuk siswa diperoleh  skor 3,51. Hal ini  menunjukkan LKPD digital berbasis problem based learning  memenuhi kriteria  sangat valid, sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ainun Rachmawati dan Yuni Nurhamida. (2018). 庄 声 1 李思莹 2 ( 1.2. 06(1), 68–72.
Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matema tika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011–1024. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573
Dari, O. W., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 3(1), 64–81. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd
Dasar, S., Teluk, D. I., Utara, B., & Lampung, B. (n.d.). http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/pedagogia | e-ISSN 2715-6125 | p-ISSN 2715-6133. 1, 67–76.
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1957–1970. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/718/pdf
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828
Lalu Gede, & Zainuddin. (2020). Transformasi Media. Al Hikmah : Jurnal Study Islam, 1(1), 82–93.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612
Wahyuni, E. D., Hidayati, H., & Wijayanti, A. (2018). Pengembangan LKS IPA SMP Berbasis Project Based Learning Tema “Pengolahan Limbah Cair.” WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 106. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.2554
Widana, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH), 2(1), 24–32. https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.74
Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid -19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132.
Yilmaz, R. (2020). Prospective mathematics teachers’ cognitive competencies on realistic mathematics education. Journal on Mathematics Education, 11(1), 17–44. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.8690.17-44