PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA SCHOOLOGY UNTUK PEMBELAJARAN DARING DI ERA PASCA PANDEMI COVID 19 BAGI GURU – GURU DI SMP SATAP N 3 SUKASADA

Isi Artikel Utama

Ketut Sedana Arta
Desak Made Oka Purnawati
I Wayan Putra Yasa
Raden Ahmad Ginajar Purnawibawa

Abstrak

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah : (1) Meningkatkan pengembangan profesionalisme guru-guru dalam rangka pemanfaatan media LMS (Schoology) sebagai media pembelajaran daring (2) Meningkatkan kemampuan para guru dalam menyusun dan mempresentasikan materi dan evaluasi pembelajaran di LMS (Schoology) (3) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi LMS (Schoology). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru-guru di SMP Satu Atap Negeri 3 Sukasada mereka tidak memiliki sumber-sumber informasi terkait dengan media LMS (Learning Manajemen Sistem) terutama schoology sehingga tidak ada usaha untuk memperbaharui sistem pembelajaran daring, dan hanya fokus menggunakan media sosial Whatshap; (2) guru-guru di SMP Satu Atap Negeri 3 Sukasada sudah melakukan pembelajaran daring tetapi belum dilakukan secara optimal, hal tersebut terjadi karena kebanyakan guru-guru menggunakan aplikasi media sosial seperti whatshaap dan google classroom, dan kurang memberikan ruang bagi siswa untuk melakukan pembelajaran secara interaktif; (3) sebagian besar guru-guru mengeluhkan pembelajaran daring karena siswa menurun minat belajarnya, ini bisa dilihat Sebagian besar siswa terlambat atau tidak menyetorkan tugasnya dengan berbagai alasan seperti tidak punya HP, HP rusak dan kendala jaringan; (4) guru-guru di SMP SATAP Negeri 3 Sukasada belum pernah mendapatkan pelatihan tentang Learning Management System (LMS), seperti Schoology, sehingga mereka tidak tahu kelebihan atau kekurangan schoology tersebut.

Rincian Artikel

##submission.howToCite##
Bagian
Articles

Referensi

Arasaratnam-Smith, L. A., & Northcote, M. (2017). Community in online higher education: Challenges and opportunities. Electronic Journal of E-Learning, 15(2), 188–198. Retrieved from http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1141773. pdf
Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi, 4(1), 65–74. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/artic le/view/480
Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Mudarrisuna, 7(1), 131–147.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/eduka tif.v2i1.89
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140. https://doi.org/10.31332/ATDB.V8I1.396
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Putra, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Rajawali Pers.
Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.
Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, 6(2), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qur a/issue/view/531
Suyono Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya.
Aminoto, Tugiyo danPathoni, Hairul. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoo- logy untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika. Jambi: Universitas Jambi.
Amiroh. 2012. Under E-Lear- ning, Edmodo, Moodle and Schoo- logy. Online (http://amiroh.web.id). Diakses pada tanggal 8 Juli 2021
Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hanum, Numiek Sulistyo. 2012. Keefektifan E-Learning seba- gai Media Pembelajaran. Jurnal Vo- kasi. Vol. 3 No. 1, 90-120.
Nurhasanah. 2016. E-Learning dengan Schoology Sebagai Su- plemen Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Penelitian Pembela-jaran Fisika. Vol. 1 No. 2
Siahaan, S. 2003. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pem- belajaran. Jurnal Pendidikan dan Ke- budayaan. Bandung: Universitas Pasundan.
Stockley, Derek. 2006. E- Learning Definition and Explanation. Online. (http://www.derek- stockley.com.au) Diakses 30 Oktober 2021.