IMPLEMENTASI INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PPKn

Isi Artikel Utama

Venny Rika
Dewa Bagus Sanjaya
I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk peningkatan terampil mengkritisi dan hasil penilaian siswa dengan Inquiry Social Complexity siswa X MIPA 2 SMAN 4 Singaraja dalam pelajaran PPKn. Pengambilan data dengan mengobservasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan dalam keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa selama 2 siklus. Pada siklus I pertemuan ke-2 diperoleh presentase 65% dari kondisi awal yaitu 40% dari 40 siswa. Peneliti memiliki target minimal 70% siswa memiliki keterampilan berpikir kritis. Siklus II pertemuan ke-2 berhasil memperoleh presentase sebesar 87,5% atau sebanyak 35 siswa turut aktif mengkritisi dalam pelajaran. Penilaian belajar siswa turut meningkat, dengan keadaan awal rerata 73,875 atau hanya 55% siswa yang telah mencapai KKM 75 menjadi rerata 79,125 atau 70% pada siklus I. Peneliti memiliki target minimal 80% siswa telah mencapai KKM 75 dari 40 siswa. Siklus II berhasil mencapai target yang memperoleh rata-rata nilai 84,125 atau presentase 90% dari 40 siswa. Keberhasilan pelaksanaan model pembelajaran inquiry social complexity ini terlihat dengan adanya perubahan sikap siswa yang antusias dalam pembelajaran untuk mencari dan memecahkan masalah sendiri. Kendala yang dihadapi peneliti secara mendasar ialah meyakinkan siswa untuk percaya diri dan berani belajar hal baru.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2