INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA PADA PONDOK PESANTREN MADRASAH ALIYAH SYAMSUL HUDA DESA TEGALLINGGAH –SUKASADA-BULELENG-BALI

Isi Artikel Utama

Moch. Toha Syamsul Arifin
I Nengah Suastika
Dewa Bagus Sanjaya

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kondisi pembelajaran karakter siswa di Madrasah Aliyah Syamsul Huda (Masda) Desa Tegallinggah, 2) Untuk mengetahui internalisasi Nilai-nilai karakter Siswa di Madrasah Aliyah Syamsul Huda (Masda) Desa Tegallinggah. Data tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kondisi pembelajaran karakter siswa di Madrasah Aliyah Syamsul Huda (Masda) Desa Tegallinggah, 2) Untuk mengetahui internalisasi Nilai-nilai karakter siswa di Madrasah Aliyah Syamsul Huda (Masda) Desa Tegallinggah. Data tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Madrasah Aliyah Syamsul Huda (MASDA) Desa Tegallinggah-Buleleng dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran karakter siswa di Madrasah Aliyah Syamsul Huda berjalan dengan baik. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada siswa Madrasah Aliyah Syamsul Huda melalui kegiatan ekstra-kurikuler (Pramuka, OSIS, PMR,), Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Menyanyikan Mars Madrasah, Do‟a bersama, Shalat berjamaah, dan Upacara Bendera. Ini menunjukkan dari hasil pengamatan penelitian, bahwa di Madrasah Aliyah Syamsul Huda telah terjadi suatu proses internalisasi nilai-nilai karakter secara sistemik baik secara non akademik dan akademiknya dalam lingkungan Madrasah Aliyah Syamsul Huda (MASDA) Desa Tegallinggah-Buleleng.

Rincian Artikel

Bagian
Articles