PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK)

Main Article Content

A. Wijaya
I.W. Kertih
I.M. Pageh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan media pembelajaran audio visual pada pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Werdhi Sila Kumara Gianyar; (2) mengetahui hasil belajar peserta didik dalam Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan menerapkan media audio visual di SMK Werdhi Sila Kumara Gianyar; (3) menganalisis efektivitas penerapan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Werdhi Sila Kumara Gianyar. Penelitian menggunakan rancangan penelitian Research & Development (R&D) dengan tiga tahap yaitu define, design, dan develop yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran audio visual. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, analisis dokumen, tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan sumber belajar dengan memanfaatkan lingkungan yang sangat potensial untuk dijadikan sumber materi dan media audio visual (2) Penerapan media pembelajaran sangat perlu dan sesuai untuk dikembangkan menjadi media audio visual khususnya di SMK Werdhi Sila Kumara (3) Pengembangan didasarkan pada lingkungan SMK Werdhi Sila Kumara Silakarang Gianyar yang secara potensial untuk menggunakan lingkungan untuk mengembangkan karakter kewirausahaan secara efektif untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Potensi utama yang ada di lingkungan sekolah yaitu pariwisata dengan nilai-nilai karakter yang mencerminkan tumbuh dan berkembangnya semangat untuk berwirausaha, efektif meningkatkan proses dan hasil belajar.

Article Details

Section
Articles

References

Agustini, N. K. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 94–103. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211
Chairiyah. (2014). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan The Education Character in Education World. Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan, 4(1), 42–51.
Damayanti, N. N., Sukadi, & Kertih, I. W. (2019). Pengaruh Penerapan Media Audiovisual Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas Vii SMP Ganesha Denpasar. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(2), 47–54. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2824
Depdiknas. (2006). Buku Saku: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama. In Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Mandikdasmen.
Fauzia, E., Sulistyawati, Y., Wahyusari, D., & Khusnah, N. (2017). Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Kelas XI. 5.
Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057
Kemendikbud. (2016). Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–32.
Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7
Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.11
Mustakim, & Saberan, R. (2019). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 122–131. https://doi.org/10.33654/sti.v4i1.973
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Padmini, K. H., & Tyagita, B. P. A. (2015). Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa: Studi Kasus Di Salah Satu SMA Di Salatiga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 60.
Permendikbud. (2018). Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018, 1–1369.
Rupawati, D., Noviani, L., & Nugroho, J. A. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Video Dalam Mata Pelajaran IPA di Kelas V MI Negeri Jambu. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 1–8.
Sri, H. (2012). ( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.
Yuberti. (2015). Dinamika Teknologi Pendidikan. Lembaga Penelitian Dan Penerbitan LP@M IAIN Raden Intan Lampung, 295.