PERSEPSI KETERTARIKAN INTERPERSONAL ANGGOTA PADA GAYA KEPEMIMPINAN KETUA HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNTIRTA

Main Article Content

Larasati
F.N. Fazriah
H. Meizahro
Afiyah
P. Amelia
E.N. Prihatini
W.A. Kudus

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui berbagai persepsi ketertarikan interpersonal anggota pada gaya kepemimpinan ketua himpunan pendidikan sosiologi untirta. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di kampus FKIP Untirta Ciwaru Serang. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ketertarikan interpersonal pada gaya kepemimpinan ketua himpunan mahasiswa pendidikan sosiologi dapat dilihat melalui beberapa faktor yang terdapat dalam daya tarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor internal dan eksternal terhadap ketertarikan interpersonal anggota pada gaya kepemimpinan ketua himpunan. Faktor internal yaitu ketua himpunan mempunyai sifat percaya diri, motivasi sosial, memiliki tekanan emosional yang cukup baik dan memiliki mood yang positif. Faktor internal dari ketertarikan anggota pada gaya kepemimpinan ketua himpunan yaitu adanya ketertarikan fisik dan kemampuan yang mumpuni.

Article Details

Section
Articles

References

Arifin, Bambang Samsul. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: CV. Pustaka Sedia.
Armansyah, Z. Realdy. 2019. Gaya Kepemimpinan Pada Organisasi Mahasiswa Daerah IKPMJ. Yogyakarta: Buana Grafika.
Baron, R.A., dan Byrne, D. 2003. Psikologi Sosial. 10th ed. edited by Erlangga. Jakarta.
Byren. 1971. Attraction. Jakarta.
Dewi, A. D. A. K. 2019. “Studi Komparasi Faktor-Faktor Daya Tarik Interpersonal Pada Mahasiswa Unnes Yang Berpacaran Ditinjau Dari Jenis Kelamin.” Journal of Social and Industrial Psychology, 2(1).
Kartini, Kartono. 2004. Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kusumastuti, H. P. Veronika. 2017. “Perbedaan Persepsi Bawahan Mengenai Gaya Kepemimpinan Transformasional Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Sanata Dharma.”
Maryam, E. W. 2021. Buku Ajar Psikologi Sosial Jilid I. 2018th ed. Umside Press.
Prasetyo, Ristiyanti. 2006. Pengembangan Karier Sekretaris Kepemimpinan. edited by A. Offset. Yogyakarta.
Rohaini, H. 2016. “Model Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(1):32–47.
Siti, Mahmudah. 2021. “Conceptual Review: Interpersonal Attraction Dalam Pandangan Sosial, Perkembangan Dan Kognitif.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 7(2):192–200.
Suryanto, Putra, M.G.B.A., Herdiana, I., dan Alfian, I. N. 2012. Pengantar Psikologi Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.
Sutarto. 2006. Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Thoha, Miftah. 2007. Kepemimpinan Dan Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Utari, S., & Hadi, M. M. 2020. “Gaya Kepemimpinan Demokratis Perpustakaan Kota Yogyakarta (Studi Kasus).” Pustaka Ilmiah 6(1):987–94. doi: Jpi.V6i1.41095.