NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KEHIDUPAN SISWA

Isi Artikel Utama

S. Candra
I.W. Lasmawan
I.N. Suastika

Abstrak

Kajian ini hendak mencoba menelaah secara kritis praktek-praktek nilai-nilai multikultural yang umumnya kurang memperhatikan aspek akulturasi budaya yang menyertainya dan juga mencari alternatif solusi pemecahannya demi mendukung tercapainya pendidikan yang berbasis character building di negara ini. Pada kenyataannya, praktek nilai-nilai multikultural senantiasa menyediakan ruang adanya insersi nilai-nilai budaya asing masyarakat penuturnya yang belum tentu sejalan dengan nilai-nilai budaya masyarakat kita. Sejalan dengan tujuan pendidikan nasional, nampaknya salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi dampak insersi budaya asing tersebut adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal Indonesia pada nilai-nilai multikultural sebagai alternatif cara guna mendukung upaya pemerintah dalam menggalakkan pendidikan berbasis karakter yang diyakini sangat penting untuk menumbuhkan, meningkatkan dan memelihara semangat nasionalisme generasi penerus bangsa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdullah, Ridwan. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Adisusilo, Sutarjo. 2017. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Alwasilah. 2015. Pokoknya Kualitatif : Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung : Kiblat Pustaka Jaya.
Ekha Budi Santosa, dkk. 2016. Implementasi Dalam Pendidikan Karakter di SMA Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta. Surakarta. Jurnal : Penerbit Universitas Sebelas Maret.
Gunawan, Ary. H. 2010 . Sosiologi Pendidikan : Suatu Analisa Sosisologi Tentang Pelbagai Problem Pendidikan.Jakarta. Rineka Cipta.
Hidayatullah Al Arifin, Akhmad. Implementasi Pendidikan Multikultural:Dalam Praksis Pendidikan Di Indonesia, Jurnal Pembangunan
Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Volume 1, Nomor 1, Juni, 2012,
Kementrian Pendidikan Nasional. 2013. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Pedoman Sekolah.
Mu’min, Ma;mun. 2012 . Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Filosofis. Kudus. Jurnal STAIN Kudus.
M. Arifin, dkk. 2016. Instrumen Penelitian. Malang. Jurnal. Penerbit : Universitas Negeri Malang.
Ridwan, Abdullah. 2015 . Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta ; Bumi Aksara.
Ratih, Komang Kumara. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 1 Binakarya Buana Lampung. Lampung. Tesis. Penerbit : Universitas Negeri Lampung.
Sujarweni, Wiratna. 2015 . Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta. Pustaka Press Baru.
Suryadi, K. 2011 . Kompetensi Sosial Masyarakat Majemuk. Bandung ; Widya Aksara Press.
Sutiah 2010 . Pendidikan Agama Islam. Malang. NLC.
Thaufan Abiyuna, R. 2017 . Implementasi Pendidikan Berkarakter Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama
Siswa. Bandung. UPI Skripsi.
Wiratama, Adi. 2010 . Pluralisme Agama Menurut Nurcholish Madjid.
Surakarta. Thesis 2010.
Zaini 2010 . Penguatan Pendidikan Toleransi Sejak Usia Dini. Bogor.