MODEL PEMBELAJARAN REKONSTRUKSI SOSIAL BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS

Main Article Content

M.S. Hermaswari
I.W. Lasmawan
I.P. Sriartha

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis perbedaan sikap sosial antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional, (2) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional, (3) untuk menganalisis perbedaan secara simultan sikap sosial dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional di kelas IX SMP Negeri 4 Singaraja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Singaraja pada tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 352 orang yang tersebar di sembilan kelas. Penentuan sampel penelitian dengan random sampling, ditentukan kelas IX B4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 32 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes. Data dianalisis dengan anava dan manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan sikap sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 51,053 (p < 0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 189,749 (p < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan sikap sosial dan hasil belajar IPS secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran rekonstruksi sosial berbasis multikultur dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan FWilks' Lambda = 2821,588 (p < 0,05).

Article Details

Section
Articles

References

Adnyana, K. J., Lasmawan, I. W., dan Koyan, I. W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Rekonstruksi Sosial terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Pemahaman Konsep IPS. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1-12.
Banks, J. 1993, Multicultural Eeducation: Historical Development, Dimension, and Practice. Review of Research in Education.
--------, J. A. 2007. Educating citizens in a multicultural society. New York: Teachers College Columbia University.
Bloom, Benyamin S. 2010.Kerangka Landasan Untuk Pembelajara, Pengajaran Dan Asesmen (Edisi Revisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan: Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Farisi, M. I. 2015. Typology of Scientific Contestation and Consensus in Indonesian Community of the Social Studies for Building a Shared Paradigm. American Journal of Social Science Research, 1(2), 57-62.
Farris, P. J. dan Cooper, S. M. 1994. Elementary Social Studies: A Whole language Approach. Iowa: Brown&Benchmark Publishers.
Haris, Iyus Akhmad. dan Lasmawan, I Wayan. 2018. "Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Tekno humanistik dan Paradigma Rekontruksi Sosial Vygotsky bagi Siswa Sekolah Dasar". UNDIKSHA.
Lasmawan, I. W. 2010. Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
------------, I. W. 2019. Kurikulum, Kearipan Lokal dan Era Disrupsi. Surabaya: CV. Obor Mas Bangsa.
------------. 2019. Spectrum of Social Studies: Testing of the Social Reconstruction Vygotsky's Paradigm in Elementary Schools Social Studies Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI). Vol. 8 No. 1, April 2019.
Nalova, E. M. 2017. Education and Peace Building: The Role of the Teacher within and Beyond the School. The International Journal Of Humanities & Social Studies, 5(3), 184-187.
National Commission of The Social Studies (NCSS). 2017. The New Paradigma of Social Studies Education in Global Society. Washingthon DC, Singapore: McMilland Publisher,inc.
Pranata, R., Lasmawan, I. W., dan Marhaeni, A. A. I. N. 2013. Pengaruh Implementasi Model Rekonstruksi Sosial Vigotsky dengan Teknik Scaffolding terhadap Sikap Sosial dan Prestasi Belajar IPS. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1-12.
Tiara, S. K. dan Sari, E. Y. 2019. Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 21-30.