PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Isi Artikel Utama

P. Wahyuni
I.G.A. Wesnawa
I.W. Kertih

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengananlisis penggunaan alat peraga dan peran orang tua pada pembelajaran IPS untuk peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Ganesha Denpasar. Populasi pada riset ini yakni seluruh kelas VII SMP Ganesha Denpasar tahun ajaran 2019/2020, yang tersebar dalam 10 kelas, penentuan sampel dengan random sampling. Pengumpulan data pada riset ini menggunakan kuesioner dan tes prestasi belajar yang selanjutnya dianalisis dengan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Alat Peraga pada proses pembelajaran IPS memiliki pengaruh yang positif kepada Prestasi Belajar di SMP Ganesha Denpasar. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai sig. 0,000<0,05 dan memiliki nilai t_hitung 7,775 > 1,99. Peranan dari orang tua atau keluarga pada proses pemebelajaran IPS juga memiliki pengaruh yang positif kepada Prestasi Belajar di SMP Ganesha Denpasar. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai sig. 0,000<0,05 dan memiliki nilai t_hitung 5,573 > 1,99. Penggunaan Alat Peraga dan Peran Orang Tua dalam pembelajaran IPS memberikan pengaruh yang bersama kepada Prestasi Belajar dari seorang Siswa di SMP Ganesha Denpasar, dengan nilai sig. 0,000<0,05 dan memiliki nilai Fhitung 88,265 > 3,11.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alwi, E. (2002). Penggunaan Peta dan Globe Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 62–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v9i1.471

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 152–159. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2203

Eliyawati, R. (2018). Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak. Jurnal Abdikarya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(2), 130–132. https://core.ac.uk/download/pdf/229338669.pdf

Erzad, A. M. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–431. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Farida, A. (2013). Pilar-pilar Pembangunan Karakter Remaja: Metode Pembelajaran Aplikatif Untuk Guru sekolah Menengah. Nuansa Cendekia.

Fujiati, I. (2014). Keefektifan Model Pogil Berbantuan Alat Peraga Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3), 174–180. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4482

Hayati, A. S. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak dengan sistem daring pada masa pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri’. Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, 27(2), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i2.97

Herliandry, L., Nurhasanah, Maria, E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Mas pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hidayat. (2013). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pujangga, 1(2).

Martsiswati, E. (2014). Peran Orang Tua Dan Pendidikan Dalam Menerapkan Prilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat., 1(2), 187–198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688

Master, A., & Walton, M. G. (2012). Minimal Groups Increase Young Children’s Motivation and Learning on Group‐Relevant Tasks. Wiley Online Library, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2012.01867.x

Rahayu. (2011). Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Membaca Peta (Studi di SDN Se-Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes). In Unnes Repository. https://lib.unnes.ac.id/478/

Selviana, E. (2020). Peran orang tua dalam pembelajaran daring siswa kelas IV pada pembelajaran tematik terhadap pencapaian KKM di MI Ma’arif 2 Wadas Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2019/2020. In E-Repository Universitas Islam Negeri Salatiga. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/9244/

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772–782. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740