KETELADANAN PESERTA DIDIK SEBAGAI METODE PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPS

Main Article Content

I.K. Awaaliyah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keteladanan peserta didik sebagai metode pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS di MTs Mathalibul Huda Mlonggo. bagaimanakah keteladanan peserta dididk sebagai pendidikan karakter melalui pembelajaran Ips. Tujuan penulisan ini adalah untuk menciptakan dan menerapkan sistem pendidikan karakter dalam proses pembentukan generasi emas yang memiliki nilai karakter berkewarganegaraan yang baik dan luhur. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi literatur, observasi dan dokumentasi. Pembelajaran IPS di MTs Mathalibul Huda Mlonggo hendaknya mampu mengembangkan berbagai sudut pandang, baik yang menyangkut pengetahuan, sikap, maupun keterampilan kepada peserta didik. IPS berfungsi mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dasar untuk memenuhi kenyataan sosial yang dihadapi anak didik dalam kehidupan sehari-hari serta mampu mengembangkan keterampilan dasar untuk mendapatkan manfaat dari dirinya.

Article Details

Section
Articles

References

Athur, J., Davison,J., & Lewis, M. (2005). Profesional Values and Ptactice achieving the Standards for QTS. London and New York. Routledge Farmer.

Aunurrohman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

M. Suyudi, Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an: Integrasi Epistemologi Bayani, Burhan, dan Irfani, (Yogyakarta: Mikraj, 2005), h. 54.

Nur Kholik, S.Ag, M.Pd wawancara oleh peneliti, 11 November 2022.

Sumaatmadja, N (1996). Metodologi Pengajaran IPS. Bandung: Alumni. Dahar, Goleman, D. 1999. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi, Terjemah. Jakarta. Gramedia.

Qistiniyati S.E, wawancara oleh peneliti, 15 November 2022.

Zakkiyah, Made Yudana, Nengah Bawa Atmadja. 2015. ‘Integrasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran IPS untuk Pengamalan Nilai Moral Siswa’.