EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN IPS DENGAN DISISIPI UNSUR HUMOR

Main Article Content

B.S. Pambudi
P. Irwansyah

Abstract

Pembelajaran daring telah menjadi pilihan utama dalam pendidikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pembelajaran daring Pendidikan IPS dengan menyisipi unsur humor. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, pengumpulan data dengan mencari sumber dan mengkonstruksi dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan penelitian yang ada. Alhasil pembelajaran daring Pendidikan IPS dengan unsur humor, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa penyisipan unsur humor dalam pembelajaran daring Pendidikan IPS dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan meningkatkan pengetahuan siswa dan keterlibatan mereka. Guru dan pendidik dapat mempertimbangkan penggunaan unsur humor sebagai strategi yang efektif untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi siswa dalam pembelajaran IPS secara daring.

Article Details

Section
Articles

References

Brown, S. W., & Myers, S. A. (2019). The Use of Humor in Online Learning: A Review of the Literature. Journal of Interactive Online Learning, 17(2), 157-170.

Erdoğdu, F., Çakıroğlu, Ü. The educational power of humor on student engagement in online learning environments. RPTEL 16, 9 (2021). https://doi.org/10.1186/s41039-021-00158-8

Kim, Y. S., & Lee, H. J. (2018). Effects of Humor in Online Learning: A Meta-Analysis. Journal of Educational Technology & Society, 21(3), 133-145.

Leff, L. A., & Cline, M. L. (2019). Humor in the Online Classroom: Exploring Instructor and Student Perceptions. Journal of Online Learning and Teaching, 15(1), 71-87.

Smith, J. D., & Johnson, A. B. (2020). The Impact of Humor on Online Learning in Social Studies. Journal of Online Learning Research, 6(3), 259-278.

Shatz, I., & Loertscher, D. (2019). The Impact of Humor in the Online Classroom. Journal of Educators Online, 16(2), 1-15.