PERAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DENGAN MODEL CERAMAH

Main Article Content

A.Y. Sa’adah

Abstract

Motivasi belajar merupakan daya penggerak dalam diri siswa yang dapat menghasilkan, menjamin kesinambungan, dan memberikan arah kegiatan belajar. Motivasi belajar siswa berperan sebagai penggerak yang mendorong mereka untuk mencapai tujuan mereka. SMP Nu Putri Nawa Kartika merupakan sekolah yang mempunyai input siswa yang latar belakangnya kekurangan motivasi belajar yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak mendukung seperti teman-temannya yang kebanyakan tidak melanjutkan sekolah, broken home sehingga mereka akan merasa kurang mendapatkan perhatian, ada juga yang orang tuanya setiap pagi hari pergi untuk bekerja hingga sore, orang tua kurang memantau anak-anaknya dalam pergaulan maupun dalam lingkup pendidikan, dan disana juga kebanyakan setelah lulus SMP mereka tidak melajutkan ke jenjang yang lebih tinggi, akan tetapi langsung bekerja membantu orang tuanya dan bukan berorientasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa hingga menempuh pendidikan jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulann data yang dilakukan oleh peneliti yaitu melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya yaitu guru IPS dan siswa kelas VIII sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/menarik kesimpulan.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad Barizi, Menja Guru Unggul, (Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2009), hlm., 134

Amni Fauziah dan Asih Rosnaningsih dan Samsul Azhar, “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang” Jurnal JPSD Vol 4 No 1 (2017)

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana, konsep strategi pembelajaran (Bandung: PT Refika Aditama 2010). Hal 29

Ngalim, Purwanto, MP. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis (Bandung: Remaja Rasadakarya.1995), hlm:102

Sardiman A. M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. ( Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada 1994) hal 73-74

ST. Vembriarto, Kapita Selecta Pendidikan (Yogyakarta: Paramita,1984), hlm.35.

Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT: Remaja Roesdakarya, 1990), hlm., 7