ANALISIS DESKRIPSI CARA BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari observasi ini adalah: 1) untuk melihat sebab dari cara belajar siswa berkenaan dengan hasil belajar; 2) untuk melihat sebab cara belajar dan fasilitas belajar siswa berkenaan dengan prestasi belajar; Observasi ini merupakan macam penelitian deskriptif kuantitatif atas penarikan deduksi menggunakan desain statistik. Komunitas observasi ini ialah siswa SMAN 21 Medan dan sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa aktif. Informasi yang dibutuhkan didapatkan melalui hasil angket dan dokumen. Kuesioner terdahulu diuji validitasnya, dan diuji integritasnya. Gaya telaah informasi yang dipergunakan adalah telaah regresi berganda, uji-t, uji-F, dan kontribusi nisbi dan berkhasiat. Telaah regresi menghasilkan baret regresi Y = 15,193 + 1,014 X1 + 0,516 X2. Ungkapan ini memperlihatkan bahwa hasil belajar diakibatkan oleh cara belajar dan fasilitas belajar siswa. Keputusan yang dipetik adalah: 1) Inspirasi dalam belajar menuju hasil belajar yang dapat disetujui. Hal ini didasarkan pada telaah regresi berganda (uji-t). 2) Fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar dapat disetujui; Hal ini didasarkan pada telaah regresi berganda (uji-t). 0,05 adalah 0,000. 3) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,322 memperlihatkan bahwa banyaknya sebab cara belajar dan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar adalah 32,2%, selebihnya disebabkan oleh variabel lain.
Article Details
References
Sugiyanto. 2015. “Pengaruh Fasilitas Belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap Hasil Belajar”, Seminar Nasional PGRI Yogyakarta
Prameswari, K., & Supriyadi, S. (2021). Pengaruh Motivasi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin,5(1), 13-24. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i1.566
Sholihah, A. K., & Mufidah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia,1(2), 164-173.
Susanti,E.,& Endayani, H. (2018). Buku Konsep Dasar IPS. CV: Widya Puspita.https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-fasilitas-belajar.html
Rahmawati, A. D., Fakhriyah, F., & Ermawati, D. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN Tambaharjo 02. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia,6(8), 3738-3746.
Wijayanti, T. P. N. (2014). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di sekolah dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran.
Wulandari, E. T., & Muhiddin, M. (2019). Pentingnya Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. InSeminar Nasional Biolog
Istikomah, U., & Salimi, M. (2021). Matematis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Sekecamatan Alian Tahun Ajaran 2020 / 2021. Journal Of Profesional Elementari Education, 1(01), 1–9.
Statistika, J., Melani, V. D., Subianto, M., Nur, I. M., Statistika, P. S., Kuala, U. S., Statistika,
P. S., & Semarang, U. M. (2022). Perbandingan Nilai Akurasi Peramalan Model Terbaik Arfima-Gph Dan Intervensi Multi Input Dalam Peramalan Ihpbi. 10(1), 1–6.