IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS

Main Article Content

T.F. Sembiring
I.W. Kertih
I.M. Pageh

Abstract

Kemampuan berpikir kritis ialah salah satu keterampilan yang mampu menjawab tantangan di abad 21. Salah satu tujuan akhir dari Pendidikan ialah menghasilkan pemikir kritis yang efektif yang digunakan dalam masyarakat. Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang memungkinkan seseorang untuk membuat keputusan dan melakukan tindakan yang sesuai.Dengan memiliki kemampuan berpikir kritis juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar dapat dipahami pula sebagai bukti kemampuan siswa dalam meraih pengetahuan setelah melalui proses belajar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Singaraja dengan desain penelitian eksperimen mengikuti rancangan the post test only control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 peserta didik. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes kemudian dianalisis dengan teknik Inferensial menggunakan Analisis Variansi Multivariat (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada kelas sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan uji manova. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learningmampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dari nilai signifikansi uji manova sebesar 0.000 ≤ 0.05.

Article Details

Section
Articles

References

Brooks, S., Dobbins, K., Scott, J. J. A., Rawlinson, M., & Norman, R. I. (2014). Learning About Learning Outcome: The Student Perspective. Teaching in Higher Education, 5(19), 721–733. http://dx.doi.org/10.1080/13562517.2014.901964

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1), 34–44. https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199

Fransiskus, A., Eduk, E. J., & Buku, M. N. I. (2023). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Discovery Learning di SMP Negeri 5 Kota Kupang. JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Iologi, 01(01), 7–12. https://www.journal.unwira.ac.id/index.php/JBIOEDRA/article/view/2159

Gumilar, R., & Srigustini, A. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Global Education Journal, 1(3), 163–176. https://doi.org/10.59525/gej.v1i3.168

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, A., Kurnianto, F. A., Yushardi, Y., Susiati, A., Kurnianto, F. A., & Pangastuti, E. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation Berbantuan Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 186. https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i2.43426

Munawati, M., & Suardi, S. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sosiologi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i2.1526

Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Gnajil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 11(2), 115–119. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sucipta, K. Y. A., & Meitriana, M. A. (2021). Prestasi Belajar IPS: Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 72–80. http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.31666

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwiti, N. K. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 89–96. https://doi.org/10.5281/zenodo.6204383

Wulandari, P. N. (2023). Perbandingan Model Discovery Learning Dan Model Pembelajaran Promlem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Repository UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/23377/

Yusri, A. Z. dan D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS dI MTSN 6 Blitar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.