PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL KONSEP TRI HITA KARANA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS

Main Article Content

A.A.K. Rusmini
I.P. Sriartha
I.N. Suastika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang menggunakan desain post-test only control group design. populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tabanan pada tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel kelas dipilih secara acak setelah dilakukan uji kesetaraan kelas. Pasangan kelas yang terpilih adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan teknik tes, data motivasi belajar dengan angket skala Likert, dan data implementasi model pembelajaran dengan observasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan statistik infrensial (Manova). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan secara bersama-sama hasil belajar dan motivasi antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional; 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana lebih besar dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; dan 3) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Rata-rata motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana lebih besar dibandingkan dengan rata-rata motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Article Details

Section
Articles

References

Afryansih, N. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Geografi Sman 5 Padang. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1600

Budiarta, I. M. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Konsep Tri Hita Karana Dalam Pelajaran Agama Hidnu Dikelas Vii Smp Negeri 1wita Ponda Tahun 2023. Blantika: Multidisciplinary Journal, 2(2), 228–235. https://doi.org/10.57096/blantika.v2i2.94

Cook, D. A., & Jr, A. R. A. (2016). the cross-cutting edge Motivation to learn : an overview of contemporary theories. October, 997–1014. https://doi.org/10.1111/medu.13074

Dewi, K. S., Sutajaya, I. M., & Suja, I. W. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PjBL Berorientasi Tri Hita Karana pada Matakuliah Literal Reading. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 884–890. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3814

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273

Friska, L. P. A., & Surya, I. B. G. (2022). Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Hita Karana Dijadikan sebagai Model Pembelajaran IPAS di SD. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 80–92. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.55993

Kertih, I. W. (2018). Local wisdom of Bali as a foundation to strengthen the nation’s character building. 251(Acec), 723–727. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.162

Kertih, I. W. (2023). Tri Hita Karana Based Subak in Strengthening Character and Social Studies Learning Outcomes of Elementary School Students. International Conference On Social Science Education, September, 123–135. https://ppjips.ulm.ac.id/index.php/icsse/article/view/14

Kertih, I. W., & Sriartha, I. P. (2022). Supplement Book of Social Studies Teaching Materials Through the Empowerment of Bali Local Wisdom as A Learning Source. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 22(1), 182–193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/45487

Kurniawan, G. F. (2022). Hakikat Ilmu Pengetahuan Sosial: Strategi Memahami dan Perbaikan Kesalahan Konsep. Jipsindo, 9(1), 64–78. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i1.130617

Lestari, N. G. A. M. Y., & Wiranata, I. G. L. A. (2023). Implementasi Konsep Tri Hita Karana di PAUD. Univeritas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar., 2(2), 448–455. https://doi.org/10.33830/jpaud.v1i1.4942

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a

Littlejohn, A., Hood, N., Milligan, C., & Mustain, P. (2016). Learning in MOOCs: Motivations and self-regulated learning in MOOCs. Internet and Higher Education, 29, 40–48. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.12.003

Mariani, N. K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana Muatan Ipas Di Sdn 1 Nongan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(2), 15–23. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v5i2.164

Rukmana, G. W., Putrayasa, I. B., & Sanjaya, D. B. (2023). Buku Cerita Anak Dwibahasa Bermuatan Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 316–325. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61595

Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2020). Motivation and social cognitive theory. Contemporary Educational Psychology, 60, 101832. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101832

Sriartha, I. P., Jampel, I. N., Widiana, I. W., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Local Wisdom Of Subak As A Model Of Character Building For Social Studies Learning In Schools. 134(Icirad), 114–120. https://doi.org/10.2991/icirad-17.2017.22

Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Subak Local Wisdom as Social Studies Learning Source in Junior High School. 438(Aes 2019), 23–27. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.006

Sriasih, S. A. P., Budasi, I. G., Nitiasih, P. K., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Tri Hita Karana Concept Oriented Learning Strategy at the Faculty of Languages and Arts, Ganesha University of Education. Jurnal IKA, 17(2), 109.

Sukadi. (2007). Studi Etnografi Pendidikan pada SMA Negeri 1 Ubud Bali. Cakrawala Pendidikan, 1(1), 1–18. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8554

Widodo, A., & Yusmanita, F. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Schrödinger: Journal of Physics Education, 3(3), 52–56. https://doi.org/10.37251/sjpe.v3i3.501