AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA SINGARAJA

Main Article Content

K.C. Dhermawan
I.B.M. Astawa
T. Maryati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis Karakteristik Aktivitas Pembelajaran yang diimplementasikan guru dalam membelajarkan IPS pada SMP Negeri di Kota Singaraja, (2) Menganalisis Motivasi Belajar Siswa sebagai implikasi dari aktivitas pembelajaran yang diterapkan guru dalam membelajarkan IPS pada SMP Negeri di kota Singaraja, (3) Menganalisis Sikap Sosial Siswa sebagai implikasi dari aktivitas pembelajaran yang diterapkan guru dalam membelajarkan IPS pada SMP Negeri di kota Singaraja, dan (4) Menganalisis Implikasi Karakteristik Aktivitas Pembelajaran IPS secara simultan terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Sikap Soaial Siswa pada SMP Negeri di kota Singaraja. Berkenaan dengan itu, rancangan penelitain menggunakan desain korelasional berparadigma ganda. Penentuan sampel menggunakan Multistage Random Sampling Sekolah sampel terdiri dari tiga (3) SMP Negeri di kota Singaraja yang ditentukan menggunakan Puposive Area Random Sampling dan sampel kelas yang ditentukan menggunakan Puposive Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aktivitas Pembelajaran yang diimplementasikan guru dalam membelajarkan IPS pada SMP Negeri di kota Singaraja  terkategori sangat baik, (2) Aktivitas pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam pembelajaran IPS pada SMP Negeri di kota Singaraja  (3)  aktivitas pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap Sikap Sosial Siswa dalam pembelajaran IPS pada SMP Negeri di kota Singaraja, dan (4) Karakteristik Aktivitas Pembelajaran IPS berpengaruh secara simultan terhadap Motivasi Belajar dan Sikap Soaial Siswa pada SMP Negeri di kota Singaraja. Aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru berimplikasi terhadap motivasi belajar dan sikap sosial siswa, semakin baik aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru, semakin tinggi pula motivasi belajar dan sikap sosial siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Agustin, L. G. R. U., & Lasmawan, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pencapaian Kompetensi Belajar Ips Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(2), 84–95. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/3331

Arrasyid, H. (2018). Pengaruh Strategi Card Sort Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Sikap Sosial Siswa kelas V Gugus I Kecamatan Situbondo. International Journal of Elementary Education, 2(2), 101-107. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14411

Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio, 7(1), 228–237. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932

Witama, I.W., Wesnawa, I.G.A., & Sriartha, I.P. (2017). Pemanfaatan Media Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SMP Ngeri 1 Selemadeg. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(1), 22-30. https://doi.org/10.23887/pips.v1i1.2814

Ifrianti, S., & Emilia, Y. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Min 10 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1186

Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 7–14. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 5(2), 138–151. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402

Mardani, N. K., Nengah Bawa Atmadja, & I Nengah Suastika. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272

Meyanti, I. G. A. S. (2021).Kontribusi Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 107-116. http://dx.doi.org/10.23887/pips.v5i2.422

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311

Oktavia, N., & Mulabbiyah. (2019). Gawai Dan Kompetensi Sikap Sosial Siswa MI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Min 2 Kota Mataram). El Midad; Jurnal PGMI, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164

Roviati, E. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi dengan Pengantar Bahasa Inggris pada Siswa SMA RSBI. Scientiae Educatia, 1(1), 1–17. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/469/432

Sanjayanti, N. P. A. ., Darmayanti, N. . S., D. Qondias, & Sanjaya, K. (2020). Integrasi Keterampilan 4C Dalam Modul Metodologi Penelitian. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 407–415. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/28927

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta). Raja Grafindo Persada.

Septiani, B., & Widda Djuhan, M. (2021). Upaya Guru Meningkatkan Sikap Sosial Siswa melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran IPS. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 61–78. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.249

Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial; Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.1136/bmj.3.5922.25

Suryani, E., & Aman, A. (2019). Efektivitas pembelajaran IPS melalui implementasi metode jigsaw ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.17376

Widoyoko, S. E. P., & Rinawati, A. (2012). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2, 278–289. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3560