PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS 3V (VERBAL,VISUAL, dan VOICE) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPS

Main Article Content

E.M. Silalahi
I.W. Lasmawan
I.W. Kertih

Abstract

Pembelajaran IPS bertujuan menumbuhkan sikap siaga generasi muda terhadap perubahan di dalam masyarakat dan menanamkan nilai-nilai penting untuk hidup berdampingan secara sosial, namun berdasarkan hasil survei peneliti menemukan siswa kelas X SMA Negeri 2 Gianyar mengalami kurangnya Motivasi Belajar IPS dan membutuhkan pemahaman Literasi Digital. hal ini terkait dengan fenomena HOAX dan Cyberbulying. Perlu penanaman pemikiran kiritis dalam pemanfaatan produk teknologi dan komunikasi di era digitalisasi ini. Penelitian ini berusaha memecahkan Permasalahan motivasi belajar dan rendahnya literasi digital, metode pengajaran yang monoton menyebabkan siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran IPS. Masalah lainnya adalah materi IPS belum memiliki keterkaitan dengan wawasan literasi digital. peneliti mengadakan pengembangan media pembelajaran 3V (Verbal, Visual dan Voice) untuk meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Digital siswa. Desain pengembangan menggunakan ADDIE (Analisys, Design,Development, Implementation, Evaluation). 3V adalah konsep penyerapan informasi oleh Albert Mehrabian penyampaian pesan dengan (verbal, visual dan voice) sangat efektif sebab penyampaian pesan menggunakan visual memiliki persentase 58%, voice memiliki 38% dan verbal 7%. Analisa data menggunakan kombinasi kuantitatif dan kualitatif tipe Embeded Mixed Methods (data Kuantitatif sebagai data primer dan data Kualitatif sebagai data sekunder) untuk melakukan Uji hipotesis menggunakan Manova, hasil menunjukkan bahwa H0 ditolak artinya, ada pengaruh penerapan media pembelajaran 3V terhadap Motivasi Belajar dan Literasi Digital siswa. Implikasi penelitian ini mengacu pada penerapan pembelajaran 3V di SMA Negeri 2 Gianyar di kelas X.

Article Details

Section
Articles

References

Arizal, O. B., Rahmat, H. K., Said, A., Basri, H., Dadang, D., Rajab, A., & Nurjannah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menangkal Radikalisme pada Generasi Millenial di Era Revolusi Industri 4.0. Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 126–133. https://doi.org/10.26623/jdsb.v23i1.1698

Dewi, P. (2021). Pengaruh Flipped Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 3 Parepare (The Effect of Flipped Learning on Learning Islamic Religious Education to increase the learning motivation of SD Negeri 3 Parepare students). Al-Athfal : Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 91–110. http://www.slideshare.net/srijadi/uu-no-20-2003-sistem-

Fazry, L., & Nurliana Cipta Apsari. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying di Kalangan Remaja. Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat, 2(2), 272–278. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34679

Masril, M., & Lubis, F. W. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial dan Penyebaran Hoax Di Kota Medan. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(1), 11–22. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i1.2937

Maulana, I. (2020). Cyberbullying Sebagai Kejahatan: Analisis Hukum Pidana Islam Dan Hukum Positif . Al-Qanun: Jurnal Kajian Sosial dan Hukum Islam, 2(2), 123-142. http://dx.doi.org/10.58836/al-qanun.v2i2.9491

Nuraflah, A., Luthfi, M., & Syaroh, M. (2019). Buku ajar Komunikasi Verbal dan Nonverbal : Strategi dalam menghindari Konflik. Enam Media.

Ismail, A. P. (2019). The Usage of Combined Components of Verbal L, Vocal and Visual (3-V Components) of Children in Daily Conversation: Psycholinguistic Observation. ELS Journal on Interdisciplinary Studies on Humanities, 2(2), 291-301. https://doi.org/10.34050/els-jish.v2i2.5496

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Deepublish Publisher.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfa Beta.

Trihayati, S., Maknun, luil, & Syarif Hidayatullah Jakarta, U. (2022). Menumbuhkan Budi Pekerti Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2). https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/ispris/article/view/1255

Uno, H. H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya (analisis di bidang Pendidikan). PT Bumi Aksara.

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Pajarungi Anar, A., & Mataram, U. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2). https://doi.org/10.19105/ejpis