KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN BERLANDASKAN TRI HITA KARANA, MOTIVASI KERJA, DAN ETOS KERJA SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN IPS TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Main Article Content

N.K. Suciptawati
I.G.A. Wesnawa
I.W. Mudana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan berlandaskan Tri Hita Karana, motivasi kerja, dan etos kerja sebagai implementasi pendidikan IPS terhadap kinerja pegawai di lingkungan Undiksha. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai PNS di Universitas Pendidikan Ganesha yang berjumlah 213 orang dan sampel penelitian sebanyak 140 orang yang ditetapkan dengan Tabel Morgan. Responden penelitian ditetapkan dengan teknik random sampling sederhana. Data penelitian dikumpulkan dengan metode kuesioner dan dianalisis dengan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan kepemimpinan berlandaskan Tri Hita Karana sebagai implementasi pendidikan IPS terhadap kinerja pegawai di lingkungan Undiksha, dengan F hitung sebesar 44,817 dan kontribusi sebesar 24,5%, 2) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja sebagai implementasi pendidikan IPS terhadap kinerja pegawai di lingkungan Undiksha, dengan F hitung sebesar 69,118 dan kontribusi sebesar 33,4%, 3) terdapat kontribusi yang signifikan etos kerja sebagai implementasi pendidikan IPS terhadap kinerja pegawai di lingkungan Undiksha, dengan F hitung sebesar 83,790 dan kontribusi sebesar 37,8%, dan 4) terdapat kontribusi yang signifikan kepemimpinan berlandaskan Tri Hita Karana, motivasi kerja, dan etos kerja sebagai implementasi pendidikan IPS terhadap kinerja pegawai di lingkungan Undiksha, dengan F hitung sebesar 44,159 dan kontribusi sebesar 49,30%.

Article Details

Section
Articles

References

Adnyana, Putu Budi, dkk. 2020. Buku Ajar Tri Hita Karana. Depok: Rajawali Pers.
Anaroga, Pandji. 2001. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Armstrong, Michael. 1994. Manajemen Sumber Daya Manusia: A Handbook Of Human Resource Management. Jakarta: PT Elex Mediakomputindo.
Asricita, Ni Made. 2015. Kontribusi Perilaku Kepemimpinan berlandaskan Tri Hita Karana, Iklim Kerja, dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bimbingan Konseling Pada SMA Se Kabupaten Tabanan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 6, No 1.
Atmaja, Nengah Bawa. 2020. Wacana Postgenerik terhadap Tri Hita Karana pada Masyarakat Bali. Depok: Rajawali Pers.
Barkhowa, Mokhammad Khukaim, dkk. 2017.Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kedisiplinan Karyawan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Magisma Vol. 5 No. 1.
Dodi, dkk. 2013. Pengaruh Iklim Organisasi, Etos Kerja dan Disiplin terhadap Kinerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja PT. Arun NGL Lhokseumawe Aceh. Jurnal Manajemen. Volume 2, No 1. pp 98 –107..
Hasibuan, Melayu SP, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Hidayati dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat. Jenderal Pendidikan Tinggi.
Madjid, N. 2000. Masyarakat Religius. Jakarta: Pavamadina.
Mangkunegara, A.P. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT RefikaAditama.
Ningrat, Sayu Putri. 2020. Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru SD Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Undiksha Volume 11 Nomor 1.
Oktavia, Ni Luh Nyoman Princes. 2019. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPK 1 Harapan Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Undiksha Volume 10 Nomor 2.
Partiniasih, Nyoman. 2015. Hubungan antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Supervisi Pembelajaran, dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru Sd Negeri di Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. E-Jurnal Pascasarjana Undiksha Volume 6 Nomor 1.
Ridwan, Asep Eri. 2014. Pendidikanips Dalam Membentuksdm Beradab. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 23, No. 1, Edisi Juni 2014.
Sapriya, dkk. 2008. Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKN Universitas Pendidikan Indonesia.
Sari, ririn nur indah dan Hady Sity Hadijah. 2016. Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja danDisiplin Kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 204-214.
Sekolah, Supervisi Pembelajaran, dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru Sd Negeri di Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. E-Jurnal Pascasarjana Undiksha Volume 6 Nomor 1.
Sinamo, Jansen. 2011. Delapan Etos Kerja Profesional. Jakarta: Institut Mahardika.
Suardana, Putu. 2015. Kontribusi Persepsi GuruTentang Gaya Kepemimpinan Pemimpin, Motivasi Kerja dan Etos Kerja terhadap Kinerja Pegawai Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 6, No 1.
Suardana, Putu. 2015. Kontribusi Persepsi GuruTentang Gaya Kepemimpinan Pemimpin, Motivasi Kerja dan Etos Kerja terhadap Kinerja Pegawai Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Tabanan. E- Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 6, No 1.
Wenno. 2017. Effect of Principal Managerial Leadership and Compensation towards Physics Teacher Performance in Senior High School in BagualaDistrict-Ambon. International Journal Education Studies Volume 10 Nomor 1.
Wiana, Ketut. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Agama Hindu. Surabaya: Paramita.
Windia, Wayan dan Komala Dewi. 2011. Analisis Bisnis Berlandaskan Tri Hita Karana. Udayana University Press. Denpasar.
Yousef, Darwish A. 2000. Ì Organizational Commitment: A Mediator of the Relationships of Leadership Behavior with Job Satisfaction and Performance in a non-western Country. Journal of Managerial Psychology, Volume 15, Number 1.