KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Main Article Content

I.G.A.S. Meyanti
N.B. Atmadja
I.M. Pageh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS, 2) mengetahui kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS, 3) mengetahui kontribusi sikap sosial terhadap hasil belajar IPS, dan 4) mengetahui kontribusi motivasi belajar, disiplin belajar, dan sikap sosial terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. Dikarenakan jumlah populasi tidak terlalu banyak, maka seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Variabel bebas pada penelitian ini adalah motivasi belajar, disiplin belajar, dan sikap sosial. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner dan metode studi dokumen. Data tentang motivasi belajar, disiplin belajar, dan sikap sosial dikumpulkan menggunakan kuesioner. Sedangkan data tentang hasil belajar IPS siswa diambil dari nilai ulangan IPS siswa di sekolah. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS, dengan Freg = 90,190 dan kontribusi sebesar 62,50%, 2) terdapat kontribusi yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS dengan Freg = 62,324 dan kontribusi sebesar 53,6%, 3) terdapat kontribusi yang signifikan sikap sosial terhadap hasil belajar IPS, dengan Freg = 39,099 dan kontribusi sebesar 42%, dan 4) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi belajar, disiplin belajar, dan sikap sosial terhadap hasil belajar IPS, dengan Freg = 57,485 dan kontribusi sebesar 76,80%.

Article Details

Section
Articles

References

Dimyati, M. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Handayani, N. N. L. (2019). Determinasi Kultur Sekolah, Disiplin Belajar, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Lampuhyang, 10(2).
Handoko, H. (1998). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi 2. BBPE.
Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Indrianti, Rufi, D. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 11(2).
Juliandi, A. et. all. (2014). Metode Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.
Mahendra, I. B. O. (2018). Motivasi belajar, Motivasi Berprestasi, Budaya Sekolah, dan Disiplin Belajar, Terhadap Hasil Belajar IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas IX di SMP Kecamatan Gerokgak. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2).
Maryani. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajardan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Palu). E Jurnal Katalogis, 4(4).
Mathis, J. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Nirwana, A. J. dan L. marliyah. (2020). Pengaruh Sikap Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Jati Kudus. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(1).
Pertiwi, Ni Kadek Rosdianti, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1).
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar. Jurnal Penddikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 71.
Rismayani, L.D, D. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 10.
Rusmaja, M. (2013). Pengaruh Impelementasi Model pembelajaran role playing Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar IPS Di Kelas IV Gugur 1 Busungbiu. UNDIKSHA.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Semiawan, C. R. (2002). Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.
Uno, Hamzah B, D. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama.