KONTRIBUSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN SARANA PRASARANA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Main Article Content

G. Supriadi
I.W. Lasmawan
I.N. Suastika

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi, dan sarana prasarana sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021 secara terpisah maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan “ex-post facto”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VIII yang berjumlah 384 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 191 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi, sarana dan prasarana, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar IPS. Untuk mengumpulkan data kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi, sarana dan prasarana dikumpulkan dengan metode kuesioner. Sedangkan data prestasi belajar IPS siswa dikumpulkan dengan metode studi dokumen. Untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini digunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa: 1) kompetensi pedagogik guru berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 52,1%, 2) motivasi berprestasi siswa berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 52,8%, 3) sarana prasarana sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 39,5%, dan 4) secara simultan, kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi siswa, dan sarana prasarana sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 60,9%.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraeni, R. D. 2019. Pengaruh Penggunaan Peta dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 52-59.
Barnawi dan Arifin. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Chatarina, Tri Anni. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Press
Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta; Rineka Cipta
Djaali, H. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Falentina, Fitria Setia. 2019. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa dan Sarana Prasarana Pendidikan di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VI Gugus VI Sekolah Dasar di Kecamatan Sendang Tulungagung. Jurnal Inspirasi Volume 16 Nomor 1.
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional: Balai Pustaka
Lestari, Ary, dkk. 2018. Hubungan Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Tunas Bangsa Vol. 5, No.2.
Mardawiah. 2016. Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Palu. e Jurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 11.
Mulyasa E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya.
Priansa, Donni Juni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung; Alfabeta.
Purwanto, M. Ngalim. 2000. Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya
Puspitasari, Wina Dwi. 2016. Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 2 No. 2.
Rahmad. 2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Muallimuna Volume 2 Nomor 1.
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana.. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sutardi, S dan Sugiharsono S. 2016. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS Volume 3 Nomor 2.
Syaidah, Umu, dkk. 2018. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial Volume 12 Nomor 2.
Uno, Hamzah B, dkk. 2014. Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama.