KONTRIBUSI KONSEP DIRI, DISIPLIN BELAJAR DAN EKSPEKTASI KARIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Main Article Content

P. Gunawan
I.W. Lasmawan
I.W. Kertih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi konsep diri, disiplin belajar dan ekspektasi karir terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Lab Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Lab Singaraja yang berjumlah 59 orang siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah konsep diri, disiplin belajar dan ekspektasi karir. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner dan metode studi dokumen. Data tentang konsep diri, disiplin belajar, dan ekspektasi karir dikumpulkan menggunakan kuesioner. Sedangkan data tentang hasil belajar IPS siswa diambil dari nilai ulangan IPS siswa di sekolah. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Lab Singaraja, dengan Freg = 58,666 dan kontribusi sebesar 50,70%, 2) terdapat kontribusi yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Lab Singaraja, dengan Freg = 91,205 dan kontribusi sebesar 61,5%, 3) terdapat kontribusi yang signifikan ekspektasi karir terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Lab Singaraja, dengan Freg = 70,076 dan kontribusi sebesar 55,10%, dan 4) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri, disiplin belajar, dan ekspektasi karir terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Lab Singaraja, dengan Freg = 49,128 dan kontribusi sebesar 72,80%.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmadi, A. (2003). Ilmu Sosial Dasar. PT Rineka Cipta.
Anneahira. (2012). Pengertian Pendidikan.
Ariyati, IGAP, D. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PASAR TRADISIONAL TERHADAP LITERASI EKONOMI DAN HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2).
Asy, M. (2000). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. PT. Tiga Serangkai.
Burns, R. B. (1993). Konsep Diri (Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku). Arcan.
Daldjoeni. (1997). Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Mahasiswa IKIP (FKIP) dan Guru Sekolah Lanjutan. P.T. Alumni.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. In Rineka Cipta:Jakarta. Rineka Cipta.
Fransiska, M. (2013). Kontribusi Praktek Kerja Industri, Bimbingan Karir Kejuruan, Dan Konsep diri Terhadap Kompetensi Kejuruan (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Tata Boga Undhira Bali). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 4.
Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Handayani, N. N. L. (2019). Determinasi Kultur Sekolah, Disiplin Belajar, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Lampuhyang, 10(2).
Krisnawan, I. K. M. (2013). Kontribusi Ekspektasi Karir, Motivasi Belajar Siswa, Dan Kualitas Sarana Laboratorium Terhadap Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran Praktikum (Studi Persepsi Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 1 Sukawati). E-Jurnal Program Pascasarjana Undiksha, 4.
Moenir, A. . (2010). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara.
Qondias, D. (2016). Determinasi Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 1(1).
Rahman. (2013). Psikologi Komunikasi. Graha Ilmu.
Riswandi. (2013). Psikologi Komunikasi. Graha Ilmu.
Saputra, N. dan N. A. (2019). Kontribusi Konsep Diri Dan Pemanfaatan Fasilitas Praktikum Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2).
Setiadewi, N. P. L. (2019). Kontribusi Konsep Diridan Disiplin belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3).
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Soemanto, W. (1998). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.
Suardana, IG, D. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BLENDED – SCIENTIFIC LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2).
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Tulus, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Grasindo.