PENGARUH KINERJA GURU DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI SISWA BELAJAR IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

K.A.D. Kumala
I.P. Sriartha
I.W. Lasmawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja guru dan dukungan orang tua terhadap motivasi siswa belajar IPS pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 4 Singaraja secara parsial dan simultan.Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan orang tua dalam pembelajaran IPS secara daring di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Data diperoleh melalui angket/ kuisioner, wawancara, dan studi dokumen. Data yang diperoleh selanjutnya diuji dan dianalisis dengan metode uji kualitas data, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas yakni kinerja guru dan dukungan orang tua secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap motivasi siswa belajar IPS. Kendala-kendala yang dihadapi guru dan orang tua dalam pembelajaran daring diantaranya kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, sulitnya mengukur pencapaian pembelajaran daring, kurangnya guru memahami karakter peserta didiknya serta kesibukan orang tua dalam mendampingi anaknya.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad Naufal Dzulfaroh. 2020. “Penjelasan Para Ilmuwan Soal Sifat Virus Corona Penyebarannya Yang Ekstrem.” www.kompas.com/tren/read/2020/03/21/162100765/penjelasan-para-ilmuwan-soal-sifat-virus-corona-dan-penyebarannya-yang?page=all.
Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. ed. Rineka Cipta. Jakarta.
Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. ed. Rineka Cipta. Jakarta.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jakarta: Edukatif.
Helmawati. 2016. Pendidikan Keluarga Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Latief, Suryawahyuni dan Fitri Wisudawati. 2020. “Adanya Lingkugan Belajar Yang Kondusif Dan Dorongan Yang Kuat Untuk Belajar.” 7(3): 1–12.
Menteri Pendidikan. 2020. “Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).”
Nashar. 2004. Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.
Rini, Choirunisa Ayu Setyo. 2020. 3 “Pengaruh Kondisi Belajar Masa Pandemic Covid 19 Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ambarawa Tahun Pelajaran 2019/2020.” Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Rismayani, Luh Dessy, I Wayan Kertih, and Luh Putu Sendratari. 2020. “Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja.” Jurnal Pendidikan IPS Indonesia 4(1): 8–15.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.
SPSS Indonesia. 2021. “SPSS Indonesia Olah Data Statistik Dengan SPSS.” https://www.spssindonesia.com/.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Usman, Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Utari, Revindi Aryandwita dan Joko Widodo. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Guru Dan Fasilitas Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Motivasi Belajar.” Economic Education Analysis Journal 7(3): 1040–55.