ANALISIS NILAI KARAKTER PADA NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA UNTUK PENGEMBANGAN MATERI IPS SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER

Main Article Content

I.G.A.N. Santini
Sukadi
L.P. Sendratari

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP 4 Singaraja dengan tujuan dapat menjelaskan nilai-nilai Pendidikan Karakter yang menjadi muatan Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja. Metode menggunakan teknik dokumentasi atau biasa disebut dengan study dokumentasi. yaitu pengumpulan data dengan menggunakan Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Hasil penelitian ini menunjukan nilai-nilai Karakter pada Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang sangat penting bagi anak-anak SMP adalah keseluruhan nilai nilai karakter yang telah di tetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bangsa Indonesia sebagai prioritas pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter, dan Hal ini menunjukan budaya, moral dan nilai nilai kehidupan sosial merupakan satu kesatuan yang membentuk karakter siswa serta pemahaman terhadap interaksi sosial siswa sangat diperlukan dalam terwujudnya keberhasilan implementasi pendidikan karakter di sekolah.

Article Details

Section
Articles

References

Arthur Asa Berger. Cetakan I Mei 2010. Pengantar Semiotika : Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Penerbit Tiara Wacana
Agus Wibowo. Cetakan pertama Juli 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Internalisasi Nilai-nilai Karakter Melalui Pengajaran Sastra. Penerbit Pustaka Pelajar.
Burhan Bungin (Ed). 2010. Metode Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer
Ernawati, Y. 2018. Membangun Karakter melalui Pembelajaran Sastra: Problematika Pembinaan Karakter. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, Vol. 11, No. 1, Juni 2018. Hlm: 49-60.
Kagan. 2004. Pembelajaran Pendidikan IPS di Sekolah Dasar. dalam http://www.pembelajaran.wordpress.com/ Internet diakses tanggal 22 Maret 2015.
Laksmi. 2012. Interaksi Prestasi dan Makna Pengantar Analisis Mikro untuk Penelitian di Bidang Ilmu Informasi dan Ilmu Terapan Lainnya. Penerbit Karya Putra Darwati,
Maksudin. Cetakan , Januari 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Penerbit Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nusa Putra. Cetakan ke-2 Juni 2013. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Penerbit PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Putry, R. 2018. Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies Vol. 4, No. 1, Maret 2018. Hal: 39-54.
Rabiah, S. 2014. Penanaman Nilai Karakter melalui Pembelajaran Sastra dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Makalah telah dipresentasikan dalam Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia XXXVI yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan pada 11-12 Oktober 2014 di Yogyakarta.
Rondiyah, A. A., dkk. 2017. Pembelajaran Sastra melalui Bahasa dan Budaya untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Kebangsaan di Era MEA (Masayarakat Ekonomi Asean). The 1st Education and Language International Conference Proceedings, Mei 2017. Hlm: 141-147.
Suryaman, M. 2010. Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Sastra. Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Hlm: 112-126.
Sunu Wasono. 2007. Sastra Propaganda. Penerbit WedatamaWidya Sastra.
Tansliova, L. dan N. Marini. 2018. Pemanfaatan Puisi sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia untuk Pembinaan Nilai – Nilai Karakter Bangsa pada Peserta Didik di SMP Taman Siswa Bahjambi Kabupaten Simalungun. Bina Gogik, Volume 5 No. 2, September 2018. Hlm: 26-40.
Triatmanto.2010. Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Hlm: 187-203.