MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL

Main Article Content

D.N.W. Astawa

Abstract

Penelitian ini memuat penjelasan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai makna dan analisis nilai karakter dalam budaya “matembang, masolah, dan magambel. Ketiga aktivitas ini terjalin harmonis untuk menciptakan keindahan dan kedamaian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dan analis data akan dideskripsikan dalam bentuk verbal. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan penelitian ini adalah metode dokumentasi. Dalam perkembangannya, ketiga budaya ini tidak hanya bersifat lokal, tetapi sudah mencerminkan budaya nasional bahkan global, sarat dengan nilai-nilai pendidikan karakter. 


 


Kata Kunci: Matembang; Masolah; Magambel


 


Abstrackt


This study contains a systematic, factual, and accurate explanation of the meaning and analysis of character values in the culture of “matembang, masolah, and magambel. These three activities are harmoniously intertwined to create beauty and peace. The approach used is a qualitative approach. Data and data analyst will be described in verbal form. The data collection method used to support the implementation of this research is the documentation method. In its development, these three cultures are not only local, but have reflected national and even global culture, full of character education values.


 


Keywords: Matembang; Masolah; Magambel

Article Details

Section
Articles

References

Ardana, I. K. (2009). Fungsi Karawitan Bali Di Yogyakarta : Sebuah Tinjauan Kontekstual. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 24(1), 131–147. https://doi.org/https://doi.org/10.31091/mudra.v24i1.1558
Arnyana, I. B. P. (2014). Peranan Budaya Bali dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional MIPA IV, 187–197.
Asnawa, I. K. G. (2007). Kebhinekaan dan Kompleksitas Gamelan Bali. BHERI, 6(1), 26–51.
Astawa, D. N. W., & Sadri, N. W. (2019). Implementing Character Education in Civics Education Course Using a Problem Solving Approach. Asian EFL Journal, 4. https://www.asian-efl-journal.com/wp-content/uploads/AEJ-GCTALE-Volume-4.pdf
Bolaane, M. (2014). San Cross-border cultural heritage and identity in Botswana, Namibia and South Africa. African Study Monographs, 35(1), 41–64. https://doi.org/10.14989/187748
Darmawan, I. P. A. (2020). Estetika Panca Suara dalam Upacara Yadnya di Bali. Jñānasiddhânta: Jurnal Prodi Teologi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 2(1), 61–70. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/jnana.v2i1.821
Darmawan, I. P. A., & Krishna, I. B. W. (2019). Konsep Ketuhanan dalam Suara Gambelan menurut Lontar Aji Ghurnnita. Genta Hredaya, 1(1), 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/gentahredaya.v3i1.449
Dewi, A. A., & Aryanto, D. (2019). “Koh Ngomong” and A Desire to Do Whistleblowing: An Experimental Study. Journal of Accounting and Investment, 20(2), 152–172. https://doi.org/https://doi.org/10.18196/jai.2002122
Dewi, I. A. G. P., & I Kadek Satria. (2020). Konsep Tri Angga dalam Belajar Teknik Tari Bali. Widyanatya, Vol. 2 No, 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32795/widyanatya.v2i01.625
Diarta, I. K. S., Pitana, I. G., Putra, N. D., & Wiranatha, A. S. (2015). Factors Influencing Brand Equity of Bali as a Tourism Destination. E-Journal of Tourism, 2.(2), 74–83. https://doi.org/https://doi.org/10.24922/eot.v2i2.19501
Dinas Pendidikan Dasar Provinsi Bali. (1990). Kamus Bali-Indonesia.
Isnaini, F. N., Krahayon, M. U., Safitri, H. I., & Lestari, D. (2018). Media Pengenalan Kebudayaan Lokal Berbasis Karakter Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24445
Jaten, I. K. (2013). Bahasa Bali sebagai Penopang Kehidupan Beragama pada Masyarakat Hindu di Bali. Jurnal Lampuhyang, 4(1), 16–30. https://doi.org/https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v4i1.135
Latif, Y. (2015). Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila (Subandy Ibrahim (Ed.); 1st ed.). PT. Gramedia Pustaka Utama.
Miharja, D. (2013). Adat, Budaya dan Agama Lokal Studi Gerakan Ajeg Bali Agama Hindu Bali. Jurnal Kalam, 7(1), 53–78. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/klm.v7i1.444
Mumfangati, T. (2008). Citra Alam dalam Karya Sastra Jawa, Refleksi Keseimbangan Lingkungan. Jurnal Jantra, 3(5), 360–367.
Natalia, V. E. D., Pratama, A. O., & Astuti, M. D. (2021). Implementation of Pancasila Values in Character Education: A Literature Review. International Journal Pedagogy of Social Studies, 6(1), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijposs.v6i1.32569
Pujaastawa, I. B. G. (2014). Makalah Kebudayaan Bali. https://repositori.unud.ac.id/protected/storage/upload/repositori/ID3_19621118198803100125081404810makalah-kebudayaan-bali.pdf
Raka Suardana. (2018). Ede Ngaden Awak Bisa Ginada dalam Manajemen Modern. In Majalah Wartam, Edisi 39. https://phdi.or.id/artikel.php?id=ede-ngaden-awak-bisa-ginada-dalam-manajemen-modern
Sandi, E. P. (2021). Tembang Bibi Anu , Warisan Leluhur Bali Dalam Wejangan Lewat Lagu. In SuaraBali.id (Issue November). https://bali.suara.com/read/2021/11/07/103000/tembang-bibi-anu-warisan-leluhur-bali-dalam-wejangan-lewat-lagu
Santiawan, I. N. (2021). Implementasi Catur Asrama dalam Mencapai Tujuan Hidup (Catur Purusa Artha). Jurnal Widya Aksara, 26(2), 294–302. https://doi.org/https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v26i2.170
Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif (pp. 157–165). Pustaka Pelajar.
Suadnyana, I. E. (2019). Dharma Yudha Karma dalam Kitab Suci Bhagavadgita. Sanjiwani:Jurnal Filsafat, 10(2), 19–34. http://103.207.96.36:8056/ojs2/index.php/Sanjiwani/article/view/1508/1184
Suastra, W. (2013). Model Pembelajaran Fisika untuk Mengembangkan Kreativitas Berpikir dan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Bali. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 221–235. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2166
Suja, I. W. (2011). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Sains SD Bermuatan Pedagogi Budaya Bali. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1), 84–92. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.142
Suryawan, I. G. A. J. (2020). Penanaman Nilai Moral dan Etika pada Anak Usia Dini Melalui Konsep Sorga Neraka. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i1.567
Sutarma, I. G. P., & Jendra, I. W. (2019). Pupuh Ginada “Eda Ngaden Awak Bisa”: Kajian Linguistik Kebudayaan. Proseding SENARILIP III, 77–86.
Sutarti, T. (2019). Menghayati Ajaran Hindu Ke Dalam Diri. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 24(1), 7–17. https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/index.php/WidyaAksara/article/view/44
Tuti, E., Suryani, I., & Sukiman. (2022). Character Education for Children: The Study on The Good and Bad Values. Journal Basicedu, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2350
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.
Wartayasa, I. K. (2018). Kebudayaan Bali Dan Agama Hindu. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 173–192. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/97
Widiyarti, A. (2018). Serat Centhini: Sebuah Kompleksitas Kesusastraan Jawa yang Mumpuni. Unimus, 3(2), 1–10. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/lensa/article/view/2725
Widnya, I. K. (2008). Pemujaan Siva-Buddha dalam Masyarakat Hindu di Bali. Jurnal MUDRA, 22(1), 39 – 54. https://doi.org/https://doi.org/10.31091/mudra.v22i1.1538
Wijaya, N. (2004). Melawan Ajeg Bali : Antara Eksklusivitas dan Komersialisasi. Tantular: Jurnal Ilmu Sejarah, 158–183. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_riwayat_penelitian_1_dir/3fbee41f73964b9252b7b0fdf97a75a8.pdf
Wiwin, N. P. S., Bendesa, I. K. G., & Saskara, I. A. N. (2019). Proporsi Adat Budaya di Bali dan Pengaruhnya Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Lokal. Kawistara : Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 9(1), 91–106. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/kawistara.36526