PENANAMAN KARAKTER RASA INGIN TAHU MELALUI METODE PEMBELAJARAN CTL DALAM PEMBELAJARAN IPS

Isi Artikel Utama

A.T. Meilawati
M. Idris
D.B. Irawan

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat karakter rasa ingin tahu siswa kelas V sekolah dasar. Masalah dalam penelitian ini bagaimana tingkat penanaman karakter rasa ingin tahu melalui metode pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPS di kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tringulasi yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini memberikan hasil bahwa cara guru untuk menanamkan karakter rasa ingin tahu melalui mata pelajaran tematik. Guru berperan penting dalam penanaman karakter rasa ingin tahu terhadap siswa dengan cara memberi arahan, dan juga memancing siswa untuk aktif bertanya dalam belajar, dalam proses nya penanaman karakter rasa ingin tahu ini memiliki berbagai macam kendala salah satu nya kurangnya rasa percaya diri yang ada dalam diri siswa, penanaman karakter rasa ingin tahu juga di dukung oleh beberapa faktor diantaranya faktor lingkungan dan orang tua.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595

Daryanto, M. R. (2012). Model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dini, J. (2022). Strategi pendidik dalam menumbuhkan karakter jujur pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261–270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208

FUADHI, H. R. (2020). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Sma Negeri 1 Muntilan. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1674

Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Proyek. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 21–37. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p21-37.316

Idris, M., Idris, M., Suryani, I., & Suryani, I. (2022). PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS V SD NEGERI 32 PALEMBANG. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8(2), 139–144. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10718

Irawan, D. B. (2020). Pengembangan Media Berbasis Komputer Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Subtema Lingkungan Sosialku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 188–197. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p188-197

Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 75–86. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan karakter: Konsep dan aplikasi living values education. Bandung: Refika Aditama.

Lickona, T. (2022). Character matters (Persoalan karakter): Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=iMhuEAAAQBAJ

Mamelio, A., Idris, M., & Dedy, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Peserta Didik SDN 1 Ujung Tanjung. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(1), 31–37. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4645

Marcela, R., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Journal on Teacher Education, 4(1), 54–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jpp.v16i1.1600

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: remaja rosdakarya. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/

Ningsih, K. A., Prasetyo, I., & Hasanah, D. F. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sentra Bahan Alam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1093–1104. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1172

Putri, N. A. (2011). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran sosiologi. Komunitas, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.49

Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.37471/jpm.v6i03.248

Sabardila, A., Markhamah, M., Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150–162. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875

Sari, U. P. (2015). Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Mahsun. 2011. Metode Penelitian Bahasa: Tahap Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Najid, Moh. 2003. Mengenal Apresiasi Prosa Fiksi. Universitas Mataram. http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=3452

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif . bandung: Alfabeta. Google Scholar Alfabeta. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/

Wulandari, D. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter komunikatif melalui kegiatan Pacelathon bagi siswa kelas IV MI Bahrul Ulum Kediri. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/21152