PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

Isi Artikel Utama

Ferawati
M. Idris
D.B. Irawan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 18 Palembang termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil evaluasi yang dilakukan peneliti terhadap pemahman konsep siswa pada pembelajaran IPS materi pemanfaatan kekayaan alam di indonesia, terdapat 9 (Sembilan) orang siswa dalam kategori sangat baik (42,85%), 5 (lima) orang siswa dalam kategori baik (23,80%), 4 (empat) orang siswa dalam kategori cukup (19,04%) dan 3 (tiga) orang siswa dalam kategori kurang (14,28%) dengan jumlah 21 (dua puluh satu) orang siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Marcela, R., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Journal on Teacher Education, 4(1), 54–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jpp.v16i1.1600

Pahrir, Y. P., Idris, M., & Ramadhani, E. (2022). Analisis Sumber Pembelajaran Lokal Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8(2), 119–129. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10716

Pradana, M. R., & Idris, M. (2019). Pengembangan Media Peta Bentuk Puzzle dengan Memanfaatkan Plastik Kemasan Makanan Ringan Pada Mata Pelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(2), 141–151. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i2.4114

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Ramadani, D. F., Idris, M., & Ayurachmawati, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Negeri 01 Tanjung Raja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7272–7276. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15697

Ramadania, A. N., Idris, M., & Ramadhani, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Peta Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV. Indonesian Research Journal on Education, 2(3), 1139–1144. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.60

Sasmita, R., Murnivianti, L., & Novianti, N. (2022). Analisis Pemahaman Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VI Di SD Negeri 2 Tanjung Agung Timur. JS (Jurnal Sekolah), 6(2), 48–57. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/js.v6i2.33416

Sobari, A. A., Idris, M., & Ayurachmawati, P. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Karang Melati. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1132–1136. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Suryani, N., & Rahim, H. (2022). Korelasi Self Esteem Dengan Tingkah Laku Sosial Serta Implikasinya Pada SD Muhammadiyah IV Padang. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 237–246. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.511

Susilowati, A., & Sutama, S. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar: Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun, Kutai Kartanegara. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(1), 31–43. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/47123