PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Media pembelajaran memiliki peran penting dalam mencapai keberhasilan belajar di era digitalisasi. Hal ini menjadi tantangan untuk guru memunculkan inovasi dalam menarik minat peserta didik agar tidak mudah jenuh dengan metode pembelajaran yang berfokus pada metode ceramah. Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon ini dapat memberi solusi alternatif bagi guru IPS untuk menggunakannya dalam penyampaian materi di kelas agar peserta didik tidak mudah bosan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) prototipe pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon, 2) validitas penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi, 3) efektifitas penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (Penelitian dan Pengembangan) yang menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) pembuatan produk berupa media pembelajaran berbasis video animasi powtoon dilihat dari belum maksimalnya penggunaan dan ketersediaan media pembelajaran IPS, (2) validitas pengembangan media pembelajaran diuji oleh ahli yang memang berkompeten di bidangnya dengan hasil 88,4 % untuk validitas media dan 86% untuk validitas materi, hasil tersebut menandakan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi dikategorikan “sangat layak” untuk digunakan, (3) Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui kegiatan test yang dibagi menjadi dua yaitu pretest dan posttes.
Rincian Artikel
Referensi
Anzelina, D., & Purba, S. V. H. (2019). Pengaruh penggunaan media Pembelajaran Video terhadap hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku di kelas IV SD SWASTA ST. ANTONIUS V MEDAN. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(1), 752–761. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39414/1/18.-Dewi.pdf
Audita, A., Taufik, M., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Video Berbasis Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.g1791
Fajar, S., Cepi, R., & Nadia, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pata Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Edhutcehnologi, 3(2), 1–19. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/vi ew/8957
Fitri, R., & Zidni. (2019). Identifikasi Permasalahan-Permasalahan Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/fhs.v3i1.1844
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.
Ismiyati, T. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Guru Dikmen Dan Diskus, 1(2), 10–19. https://jgdd.kemdikbud.go.id/index.php/jgdd/article/download/74/41
Nurmaliza, Y., Susanto, E., & Selviani. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Journal of Dehasen Educational Review, 2(1), 12–16. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jder/article/download/1398/1126
Vannisa., Degeng., & Kuswandi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU KRATONKENCONG. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajara, 13(2), 158–164. https://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/ article/view/2383
Yani, W., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835