PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS INDONESIA

Isi Artikel Utama

A.A.A.M.W. Dewi
I.W. Mudana
I.W. Kertih

Abstrak

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam mencapai keberhasilan belajar di era digitalisasi. Hal ini menjadi tantangan untuk guru memunculkan inovasi dalam menarik minat peserta didik agar tidak mudah jenuh dengan metode pembelajaran yang berfokus pada metode ceramah. Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon ini dapat memberi solusi alternatif bagi guru IPS untuk menggunakannya dalam penyampaian materi di kelas agar peserta didik tidak mudah bosan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) prototipe pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon, 2) validitas penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi, 3) efektifitas penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (Penelitian dan Pengembangan) yang menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) pembuatan produk berupa media pembelajaran berbasis video animasi powtoon dilihat dari belum maksimalnya penggunaan dan ketersediaan media pembelajaran IPS, (2) validitas pengembangan media pembelajaran diuji oleh ahli yang memang berkompeten di bidangnya dengan hasil 88,4 % untuk validitas media dan 86% untuk validitas materi, hasil tersebut menandakan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi dikategorikan “sangat layak” untuk digunakan, (3) Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui kegiatan test yang dibagi menjadi dua yaitu pretest dan posttes.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alfin, F., Kusdiana, A., Respati, & Resa. (2020). Pengembangan Media Indografis Sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 7(4), 192–198. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/301 32

Anzelina, D., & Purba, S. V. H. (2019). Pengaruh penggunaan media Pembelajaran Video terhadap hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku di kelas IV SD SWASTA ST. ANTONIUS V MEDAN. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(1), 752–761. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39414/1/18.-Dewi.pdf

Audita, A., Taufik, M., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Video Berbasis Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.g1791

Fajar, S., Cepi, R., & Nadia, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pata Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Edhutcehnologi, 3(2), 1–19. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/vi ew/8957

Fitri, R., & Zidni. (2019). Identifikasi Permasalahan-Permasalahan Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/fhs.v3i1.1844

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.

Ismiyati, T. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Guru Dikmen Dan Diskus, 1(2), 10–19. https://jgdd.kemdikbud.go.id/index.php/jgdd/article/download/74/41

Nurmaliza, Y., Susanto, E., & Selviani. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Journal of Dehasen Educational Review, 2(1), 12–16. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jder/article/download/1398/1126

Vannisa., Degeng., & Kuswandi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU KRATONKENCONG. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajara, 13(2), 158–164. https://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/ article/view/2383

Yani, W., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835