PENGARUH PENGALAMAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS

Isi Artikel Utama

S.M. Roganda
N.B. Segara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa pengaruh pengalaman PLP terhadap minat menjadi Guru pada mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Negeri Surabaya. Kegiatan PLP menjadi variabel X dan Minat menjadi Variabel Y pada penelitian ini.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dengan teknik pengumpulan datanya melalui kusioner berupa google form, sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan IPS dengan total responden 90 orang mahasiswa S1 Pendidikan IPS angkatan 2019. Teknik analisis data dengan analisis kuantitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk korelasi atau hubungan antar variabel, hasil penelitian menunjukkan adanya koefisien PLP yang bernilai positif dan nilai signifikansi. Pada bagian determinasi R-Square yang di pakai dalam mendapatkan informasi terkait pengaruh variabel X terhadap variabel Y model Summary menunjukan koefisien korelasi R-Square menunjukan tingkat hubungan variabel X terhadap variabel Y sebesar 44,5%. Analisis menggunakan SPSS 2.6 bahwa signifikan F= 0,000 maka Ho ditolak dimana pada variabel X memiliki pengaruh pada variabel Y. Sesuai hasil koefisien korelasi bahwa variabel X1, X2, X5 sebesar 44,5% memiliki pengaruh terhadap variabel Y dan sisanya 55,5% di pengaruhi oleh variabel lainnya.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arifin, Z. (2013). Menjadi Guru Profesional (Isu Dan Tantangan Masa Depan). Edutech, 13(1), 132–155. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i1.3225

Creswell, J. W. (2014). Reseach Design: Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (4 ed.). Pustaka Pelajar.

Fadillah, N., Sulistyaningrum, D., & Subarno, A. (2024). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Dan Minat Menjadi Guru Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa FKIP UNS Angkatan 2020. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(8). https://doi.org/doi.org/10.572349/cendikia.v2i8.2466

Halidin, A. (2022). Etnografis Perkembangan Pendidikan Islam. http://repositori.iain-bone.ac.id/1406/1/Buku Etnografis Perkembangan Pendidikan Islam Final 1

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383

Indriana, F. (2020). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Dan Minat Menjadi Guru Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Fkip Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Jamb.

Luqman, R. M., & Dewi, R. M. (2022). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Dan Konsep Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. JOEAI (Journal of Education and Instruction, 5(2), 370–381. https://doi.org/doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4377

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32. https://doi.org/doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1215

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.