KOMPETENSI GURU IPS DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR

Isi Artikel Utama

G.F.M. Arifin
I.P. Sriartha
L. Indrayani

Abstrak

Kompetensi guru akan menentukan kualitas proses dan hasil pembelajaran serta berbanding lurus dengan capaian mutu pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pengaruh faktor latar belakang pendidikan guru, pelatihan guru, dan pengalaman mengajar guru bagi kompetensi guru IPS SMP Kota Denpasar. Desain penelitian menggunakan penelitian eksplanasi korelasional berpendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru IPS yang mengajar di SMP Kota Denpasar Tahun Ajaran 2023-2024 yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian sebanyak 86 orang ditentukan dengan teknik Slovin. Data dianalisis dengan teknik Regresi Logistik Ordinal. Hasil studi inipun mendapatkan sebanyak 29,1% guru termasuk kelompok “Sangat Tidak Kompeten”, 30,2% kelompok “Tidak Kompeten”, 22,1% termasuk “Berkompeten” dan sebanyak 18,6% termasuk kelompok “Sangat Berkompeten”. Nilai signifikansi  variable latar belakang pendidikan (X1) adalah 0,021<0,05; nilai signifikansi dari variable pelatihan (X2) adalah 0,011<0,05 dan nilai signifikansi dari variable pengalaman mengajar (X3) adalah 0,001<0,05. Berlandaskan nilai signifikasi tersebut bisa dinyatakan bahwasanya setiap variabel memberikan pengaruhnya dengan sangat signifikan bagi kompetensi guru (Y). Hasil penelitian juga membuktikan bahwasanya ketiga variabel independen (X) berpengaruh sangat signifikan terhadap kompetensi guru IPS. Hal ini terlihat dari nilai sinifikansinya 0,01<0,05 Hasil penelitian ini menyarankan bahwa dalam meningkatkan kompetensi guru IPS agar memperhatikan kesesuaikan kualifikasi pendidikan, peningkatan pelatihan dan pengalaman mengajar.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amir, A., Marzuki, S., & Hashim, Z. B. (2014). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri Pariaman. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1905.

Aprison, W., & Junaidi. (2017). Pendekatan Saintifik: Melihat Arah Pembangunan Karakter dan Peradaban Bangsa Indonesia. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 12(2). https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.2.507-532.

Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837.

Fogaty, R., & Pete, B. M. (2009). How to Integrate the Curricula. California: Corwin Press.

Herawati. (2023). Pendidikan Holistik dalam Pembentukan Karakter Multikultural pada Pesantren Modern dan Tradisional. Doktor Pendidikan Agama Islam. UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu. https://doi.org/repository.iainbengkulu.ac.id.

Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan IPS di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 147-157. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3493.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria, 11(2), 123–132. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595.

Lestari, W., & Mulianingsih, F. (2020). Analisis Pemahaman Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Pada Guru IPS di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PPKN, 5(1), 60-72. https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40293.

Maula, N. N. (2023). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Mas Simbang Kulon. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6309.

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and
Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.10.

Nafisah, S. (2015). Korelasi Persepsi Guru IPS terhadap Mata pelajaran IPS Terpadu dengan Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) (Studi Kasus Guru IPS SMP di Kabupaten Lamongan). AVATARA.

Nazidah, M. D. (2022). Problematika Linieritas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1373.

Nisa, F., & Anshori, I. (2021). Integrasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Kurikulum 2013 Kelas Rendah di Madrasah Ibtidiyah. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 37–50. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.6746.

Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPGSDU/article/view/1561.

Nur, M., & Rozayani, R. (2020). Pembelajaran IPS Berbasis Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM). Cross-border, 3(2), 357-370. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/1062/854.

Parni. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan
Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional, 3(2), 96-105. https://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/501/399.

Pratiwi, I. (2019). Pisa Effect on Curriculum in Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157.

Putra, H. A. (2017). Analisis Kebutuhan Guru IPS pada SMP di Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus Tahun 2017. Digital Repository Unila. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29577.

Rahayu, D., Hawi, A., Mardeli, M., & Sofyan, S. (2020). Korelasi antara Pengalaman Mengajar dengan Kompetensi Profesional Guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah. https://doi.org/10.19109/pairf.v2i2.3734.

Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M. (2017). Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalitas Guru. Jurnal Ad'ministrare, 3(2). http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2544.

Sari, M., Rachman, H., Astuti, N. J., Afgani, M. W., & Siroj, R. A. (2023). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1). https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953.

Sofariyah, I., Bukhori, M., & Dewi, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Kinerja Guru PPKN SMA Kabupaten Malang melalui Kompetensi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jubis/article/view/318.

Sriartha, I Putu, Sri Rum Giyarsih, and I Gusti Ayu Purnamawati. 2023. Comparing the Adaptive Capacity of Traditional Irrigated Rice Field Farmers in Urban and Ruaral Areas to Climate Change in Bali, Indonesia. Cogent Social Sciences, 9(2). https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2275936

Sri, H. (2006). Faktor-Faktor Strategis untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di SMP Negeri se-Salatiga. Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suherman, Hermansyah, A., & Jaelani, D. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional
Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal ‘Ulumuddin, 3(1), https://ejournal.imn.ac.id/index.php/ulumuddin/article/view/12.

Suryarahman, E., & Hastuti, H. (2014). Kinerja Guru IPS SMP Bersertifikasi Profesi Berdasarkan Standar Kompetensi Guru di Kabupaten Lombok Utara. Harmoni Sosial, https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2435.

Sutiawan, S., & Fauzan, A. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Alam Lampung. Al-Idarah, 11 (1). https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.8806.

Widarsih, R., & Faraz, N. J. (2016). Evaluasi Kinerja Guru IPS SMP Berdasarkan Standar Kompetensi Guru di Kabupaten Kebumen. Harmoni Sosial, 3(2), 177-187 http://dx.doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7646

Yuswardi, Y. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Profesional Guru di Perguruan Tamansiswa Pematangsiantar. Mukadimah, 5(2). https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.4428.