PENERAPAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA

Isi Artikel Utama

R.S.W. Putri
E. Handoyo
Suyahmo
A. Purnomo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepedulian siswa Terhadap lingkungan sekitar sebagai pembentukan karakter peduli lingkungan melalui program sekolah adiwiyata, serta memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan khususnya melalui program sekolah adiwiyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi serta kajian pustaka. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepedulian siswa dalam menjaga lingkungan sekitar khususnya lingkungan sekolah sudah cukup baik dengan peraturan yang berlaku di sekolah. Sebelumnya siswa kurang paham akan kepedulian dengan lingkungan sekitar, dengan adanya program adiwiyata siswa menjadi paham pentingnya menjaga lingkungan sekitar melalui peraturan sekolah dan program-program yang ada di sekolah dan dapat membentuk karakter siswa SMP Negeri 1 Seyegan. Pelaksanaan program adiwiyata yang dilaksanakan sekolah berjalan dengan lancer dengan bantuan berbagai pihak yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan warga sekolah lainnya. Kendala dan solusi dalam pelaksanaan program adiwiyata meliputi sumber daya SMP Negeri 1 Seyegan yang tidak semuanya konsisten dalam penerapan  pembentukan karakter melalui program adiwiyata. Terdapat partisipasi siswa dalam lingkungan sekitar tempat tinggalnya yang kurang mendukung penanaman karakter peduli lingkungan. Solusinya dengan membuat peraturan atau program tentang lingkungan hidup yang bisa di terapkan siswa diluar lingkungan sekolah SMP Negeri 1 Seyegan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Azmi, F., & Elfayetti, E. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(2), 125. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6901

Desfandi, M. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661

Desfandi, M., Maryani, E., & Disman. (2017). Building Ecoliteracy Through Adiwiyata Program (Study at Adiwiyata School in Banda Aceh). Indonesian Journal of Geography, 49(1), 51–56. https://doi.org/10.22146/ijg.11230

Dwiyanto, D. (2021). Metode Kualitatif:Penerapanna Dalam Penelitian. 0, 1–7.

Gunawan, A., . Tukidi., & Mulianingsih, F. (2019). Implementasi Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dalam Pembelajaran Ips Di Smp Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i1.30447

Herlina, N. (2015). Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Penegakan Hukum Lingkungan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi 3(2), 1–16. http://dx.doi.org/10.25157/jigj.v3i2.93

Hidayat, A. (2015). Pendidikan Islam dan Lingkungan Hidup. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 373. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.373-389

Kholifah, W. T. (2020). Research & Learning in Primary Education Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 115–120.

Lasi, I. Y., Purnomo, A., & Hermanto, F. (2019). Penanaman Karakter Bangsa Melalui Ekstrakulikuler Kepramukaan di SMP/MTS Se-Kecamatan Mungkid. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 140–145. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i2.36418

Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 22–29. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.58

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266

Neli, M., Indrawadi, J., & Isnarmi, I. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Mandiri Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di Panti Sosial Bina Grahita “Harapan Ibu” Padang. Journal of Civic Education, 3(2), 172–177. https://doi.org/10.24036/jce.v3i2.138

Nurwidodo, N., Amin, M., Ibrohim, I., & Sueb, S. (2020). The role of eco-school program (Adiwiyata) towards environmental literacy of high school students. European Journal of Educational Research, 9(3), 1089–1103. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1089

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2020). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155–164. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334

Ode Riniati, W., Rais, R., Setya Wismoko Putri, R., Al Haddar, G., Azis, F., Bandung, K., & Barat, J. (2023). Role Of School Facilities And Infrastructure On Performance Of Senior High School Teacher. Sempaja Sel., Kec. Samarinda Utara, 05(03), 5805–5814.

Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011

Putri, R. S. W., & Saliman, S. (2022). Information Technology-Based Learning to Increase Secondary School Students’ Learning Interest. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6285–6296. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1643

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Rahayu, I., Suwarna, A. I., Wahyudi, E., & Jamin, F. S. (2024). Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Membentuk Kesadaran Lingkungan dan Tanggung Jawab Sosial di Kalangan Pelajar. Global Education Journal, 2(2), 101–110. https://journal.civiliza.org/index.php/gej/article/view/344

Simarmata, B., Daulae, A. H., & Raihana, R. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4), 204–210. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.10584

Suryaningsih, P., & Salam, R. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Srumbung Kabupaten Magelang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(2), 105–117. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i2.40987

Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018). Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170–177. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177

Wardani, D N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6