EFEKTIFITAS PELAKSANAAN STANDAR PROSES (PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI NO.22 TAHUN 2016) DALAM PEMBELAJARAN PPKn
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan standar proses (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 22 Tahun 2016) dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas VII SMP Swasta Se- Kota Denpasar. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP yang terdiri dari konteks, input, output dan produk. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Swasta Se-Kota Denpasar yang melaksanakan Kurikulum 2013 dengan jumlah 4 sekolah. Subyek penelitian terdiri dari guru yang mengajar mata pelaran PPKn sebanyak 8 orang. Pengumpulan data pelaksanaan standar proses menggunakan metode kuesioner, dokumtasi, wawancara dan observasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Skor hasil kuesioner dikonversi kedalam pedoman kriteria penggolongan pelaksanaan standar proses, sedangkan efektifitas standar proses dianalisis dengan menggunakan nilai T-scor dan penentuan efektivitas beradasarkan Diagram Glickman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan standar proses pembelajaran PPKn pada siswa tingkat pertama SMP Swasta se- Kodya Denpasar ditinjau dari dimensi konteks, input, output dan produk adalah cukup efektif. Hasil penelitian diketahui bahwa hambatan utama dalam menjalankan kurikulum 2013 adalah pada aspek pengelolan kelas kendala yang dihadapi adalah kurangnya kesiapan guru untuk mengikuti perubahan proses pembelajaran dalam kurikulum 2013, sebagian besar guru mengeluhkan rumitnya proses penilaian dengan berbagai kriteria siswa.
Article Details
References
Delita, F. (2017). Penerapan Authentic Assesment Pada Mata Kuliah IPS Terpadu Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Geografi. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6970
Gede, I. W., Putra, A., Yudana, I. M., Suarni, N. K., Studi, P., Pendidikan, A., & Pascasarjana, P. (2013). Efektifitas Pelaksanaan Standar Proses (Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Ri No. 65 Tahun 2013) Dalam Pembelajaran Pkn Pada Siswa Tingkat Pertama Smp Negeri Se-Kabupaten Badung. Administrasi Pendidikan, 5(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/1406
Hari, K., Dewi, S., & Pramartha, I. N. B. (2021). The Effectiveness of Authentic Project-Based Assessment on the Online Learning System Toward Learning Result of Student Viewed from Critical Thinking Ability. Proceedings of The 6th Asia-Pacific Education And Science Conference, AECon 2020,. https://doi.org/10.4108/eai.19-12-2020.2309123
Jamaluddin, M., & Faroh, N. (2020). Developing authentic assessment: Project assessment on mathematics learning evaluation by using e-learning. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33654/math.v5i3.729
Khairani Miftahul, Sutisna, S. S. (2019). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Vii Smp Al-Ulum Kota Medan. Jurnal Biolokus Vol: 2 No.1 Januari – Juni 2019. https://media.neliti.com/media/publications/292801-studi-meta-analisis-pengaruh-video-pembe-7bf17271.pdf
Luma, M., Tola, A., & Hadirman, H. (2020). Evaluasi Implementasi K-13 Berdasarkan Model CIPP di SDN 2 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2), 186. https://doi.org/10.30984/jii.v14i2.1307
Mufid, M. (2020). Evaluasi Model Context, Input, Process and Product (CIPP) Program Baca Tulis Al-Qur’an di Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Quality, 8(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.6908
Nurfadilah, S., & Nani, R. (2019). Standar Proses Pendidikan Nasional: Implementasi dan Analisis Terhadap Komponen Guru Matematika pada Salah Satu SMP. Jurnal Siliwangi : Seri Pendidikan, 5(1), 35–43.
Nurhasni. (2017). Belajar dan Mengajar Berdasarkan Standar Proses Pendidikan. Bappeda, 03, 53–59.
Oktaviani, N. M., & Wulandari, I. (2019). Implementasi Standar Proses Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 182. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7839
Pratiwi, S. E., Sulaimi, M., & Yuliatin, Y. (2018). Implementasi Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri X Lingsar. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i2.61
Rahmayani. (2016). Implementasi Manajemen Pembelajaran PPKn Kurikulum 2013. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(2), 143–148.
Rizka, M. A., Tamba, W., & Suharyani. (2018). Pelatihan Evaluasi Program Pendidikan Nonformal Bagi Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Junal Pendidikan, 2(April), 15–23.
Rushartatik, R., Dantes, N., & Suandana, G. A. (2013). Studi evaluatif pembelajaran tematik di kelas permulaaan se- kecamatan kuta utara badung. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–10.
Supriana, I Gd Angga, & , Sukadi, N. S. (2018). EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PPKN PADA SMA NEGERI DI KECAMATAN BUSUNGBIU. 2(2), 96–104.
Supriana, I Gede Angga., Sukadi., & Suastika, I. N. (2020). Peningkatan Efektivitas Pelaksanaan Program Kurikulum 2013 DI SMP Negeri Se-Kota Serang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/23548/14372
Susanti, M. (2017). Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Biologi Di Man Tanjungpinang. הארץ, 8.5.2017.
Tsani, I., Arsyadana, A., Sufirmansyah, & Shafira, E. (2021). Evaluasi Model CIPP Pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 17–45.
Yulianti, E., Arafat, Y., & Wardiah3, D. (2020). Analisis Standar Proses Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Ppkn. 5(2).