PENGARUH MODEL CORE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V GUGUS 02 KUTA UTARA

Main Article Content

K.A. Kasmita
I.M. Ardana
I.M. Gunamantha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Core terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2×2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 233 orang siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 76 orang siswa. Data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava AB berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan implementasi Model CORE terhadap hasil belajar matematika 2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan Model CORE dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika, 3) pada kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, terdapat pengaruh yang signifikan implementasi Model CORE terhadap hasil belajar matematika, dan 4) pada kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, terdapat pengaruh yang signifikan implementasi Model CORE terhadap hasil belajar matematika.

Article Details

Section
Articles

References

Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ennis, Robert. 2011. The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities, [Online]. Tersedia: http://faculty.ed.uiuc.edu/rhennis/. Diakses pada tangal 2 Januari 2020

Gokhale, A.A.1995. Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal of Technology Education, 7(1).

Gunawan. 2003. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia.

Poerwadarminta, W.J.S. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Safitri, D, dkk. 2014. Penerapan Model CORE untuk meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X3 SMAN 1 Bojonegoro TA 2013/2014. Jurnal Edukasi Vol. 1 No.
2.
Shomad, Zahid. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran CORE dan Pairs Check terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII Semarang

Suherman, E.,dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Suherman. E. 2001. Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Suprijono, A. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syahrir, Dede Cahyati dan Meike Ilmada. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Cahaya Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 3 Cisantana. Jurnal Lensa Pendas Prodi PGSD Vol. 2 No. 2.

Tu’u, 2012. Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli. www.scribd.com

Wati, Karlina, dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Core (Connecting Organizing Reflecting Extending) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Natural Science Education Research Vol. 1 No. 2.