PENGARUH PROMOSI APLIKASI GELIS SEBAGAI MEDIA PENELUSURAN E-BOOK TERHADAP PEMANFAATAN KOLEKSI EBOOK DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Promosi Aplikasi Gelis sebagai media penelusuran E-Book terhadap Pemanfaatan Koleksi E-Book di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi aplikasi gelis sebagai media penelusuran e-book terhadap pemanfaatan koleksi ebook di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif dan kategori korelasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan accidental sampling. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dengan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi aplikasi gelis sebagai media penelusur ebook e-book berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemanfaatan e-book di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha dengan nilai korelasi sebesar 0,463 atau 46,3 % masuk dalam kategori sedang. Kendala yang dihadapi dari penelitian ini adalah masih banyak mahasiswa yang kurang mengetahui tentang adanya e-book di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha sehingga masih belum banyak mahasiswa yang memanfaatkan koleksi e-book
References
Ali, P. M. N., & Nisha, F. (2011). Use of e-journals among research scholars at Central
Science Library, University of Delhi. Collection Building, 30(1), 53–60.
https://doi.org/10.1108/01604951111105023
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.
Hasan.Iqbal. (2004). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara.
Iskandar. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Pustaka Inti.
Mustati, & Najib, H. M. N. (2013). Pemanfaatan e-journal dalam memenuhi kebutuhan
informasi ilmiah di kalangan civitas akademik Universitas Hasanuddin. Jurnal
Komunikasi KAREBA, 2(1), 100–109.
http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/viewFile/353/212
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. In Edisi III (p. 222). CV. Andi Offset.