Pengembangan Program Modul Layanan Sirkulasi dengan Notifikasi Transaksi Vie Email pada Inlislite 3.1 untuk Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Layanan Perpustakaan Undiksha

  • I Made Pendra Mahardika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Rai Yuli Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Etik Suparmini Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Circulation Services, Email, Inlislite 3.1, Effectiveness and Efficiency, Library services

Abstract

PENGEMBANGAN PROGRAM MODUL LAYANAN SIRKULASI DENGAN NOTIFIKASI TRANSAKSI

VIA EMAIL PADA INLISLITE 3.1 UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFESIENSI LAYANAN PERPUSTAKAAN UNDIKSHA

 

I Made Pendra Mahardika1, Ni Ketut Rai Yuli2, Ni Kadek Etik Suparmini3

 

Unit Perpustakaan UNDIKSHA, Singaraja, Indonesia

 

Abstrak

 

Dalam rangka meningkatkan efektifitas dan efesiensi layanan perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha khususnya pada bagian layanan sirkulasi maka penulis mengembangkan program modul layanan sirkulasi dengan notifikasi transaksi via email pada inlislite 3.1. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk software modul layanan sirkulasi pada inlislite 3.1 di sistem informasi perpustakaan Undiksha dengan notifikasi transaksi via email serta mengetahui kualitas/kinerja program tersebut dengan ujicoba terbatas kepada pengguna (pemustaka dan pustakawan) dan penilaian dari pakar teknologi informasi.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) karena nantinya menghasilkan produk berupa software dan menguji keefektifan produk tersebut. Metode/model pengembangan yang digunakan adalah paradigma prototyping. Model ini dipilih karena pengembangan perangkat lunak dapat dikerjakan secara terpadu antara pustakawan dan pakar teknologi informasi.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah terciptanya program (software) modul layanan sirkulasi dengan notifikasi transaksi via email pada inlislite 3.1 di sistem informasi perpustakaan Undiksha yang meliputi peminjaman dan pengembalian buku dengan alamat web https://inlislite.undiksha.ac.id/ Dengan pengembangan program tersebut secara otomatis hasil transaksi peminjaman dan pengembalian buku dikirimkan ke email pengguna melalui SSO undiksha setelah proses transaksi tersebut berhasil dilakukan sehingga tidak perlu lagi dilakukan pencetakan struk transaksi yang memerlukan kertas dan printer (penghematan biaya). Dengan proses atau tahapan kerja yang dilakukan lebih pendek sehingga pelayanan sirkulasi yang dilakukan dapat lebih efektif dan efesien waktu. Hal tersebut akan berimplikasi terhadap efektifitas dan efesiensi layanan perpustakaan.

Hasil penilaian dari pakar teknologi informasi dengan kualifikasi kategori “sangat baik” pada lima (5) indikator yaitu kebenaran (correctness), ketegaran (robustness), keterpakaian ulang (reusability), verifikasi, keterbacaan (readness) dan memperoleh kualifikasi kategori “baik” pada lima (5) indikator yaitu keterluasan (extendibility), efesiensi atau kinerja, portabilitas (portability), integritas (integrity), modularitas (modularity). Hasil penilaian dengan ujicoba terbatas kepada pengguna (pemustaka dan pustakawan) memperoleh kualifikasi kategori “sangat baik” pada empat (4) indikator yaitu kinerja, kemudahan pemakaian, keramahan, dan kebergunaan. Berdasarkan hasil penilaian dari pakar teknologi informasi dan pengguna (pemustaka dan pustakawan) dapat dikatakan bahwa kualitas/kinerja program modul layanan sirkulasi dengan notifikasi transaksi via email pada inlislite 3.1 sistem informasi perpustakaan Undiksha sudah sangat baik.

Kata kunci: Layanan Sirkulasi, Email, Inlislite 3.1, Efektifitas Dan Efesiensi, layanan Perpustakaan

 

 

 

Abstract

 

In order to increase the effectiveness and efficiency of the Ganesha Education University library services, especially in the circulation services section, the author developed a circulation services module program with transaction notifications via email on inlislite 3.1. The aim of this research is to produce a circulation service module software product on Inlislite 3.1 in the Undiksha library information system with transaction notifications via email and to determine the quality/performance of the program through limited trials with users (users and librarians) and assessments from information technology experts.

The research method used is the research and development method because it will produce a product in the form of software and test the effectiveness of the product. The development method/model used is the prototyping paradigm. This model was chosen because software development can be done in an integrated manner between librarians and information technology experts.

The research results obtained were the creation of a program (software) circulation service module with transaction notification via email on Inlislite 3.1 in the Undiksha library information system which includes borrowing and returning books with the web address https://inlislite.undiksha.ac.id/ With the development of the program The results of borrowing and returning book transactions are automatically sent to the user's email via Undiksha SSO after the transaction process is successful, so there is no need to print transaction receipts which require paper and printers (cost savings). With shorter processes or work stages, the circulation services provided can be more effective and time efficient. This will have implications for the effectiveness and efficiency of library services.

The results of the assessment from information technology experts with qualifications in the "very good" category on five (5) indicators, namely correctness, robustness, reusability, verification, readability and obtaining a "good" category qualification on five (5) indicators, namely extensibility, efficiency or performance, portability, integrity, modularity. The results of the assessment with limited trials on users (readers and librarians) obtained a "very good" category qualification on four (4) indicators, namely performance, ease of use, friendliness and usefulness. Based on the assessment results from information technology experts and users (users and librarians) it can be said that the quality/performance of the circulation service module program with transaction notifications via email on the Inlislite 3.1 Undiksha library information system is very good.

 

 

Kata kunci: Circulation Services, Email, Inlislite 3.1, Effectiveness and Efficiency, Library services

References

UU RI 43 Tahun 2007. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI
Mahardika, I. M. P., Yuli, N. K. R., & Suparmini, N. K. E., Sutrisna, I.G.M.. 2022. Evaluasi Penggunaan INLISLlite 3.1 Pada Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis User Experience (UX) Dengan Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Laporan Penelitian DIPA. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Undiksha.
Perpustakaan Nasional RI. 2016. Inlislite Versi 3. Tersedia pada https://inlislite.perpusnas.go.id/?read=tentanginlislitev3 (diakses tanggal 14 Maret 2023)
Rahayu, Lisda. 2015. Layanan Perpustakaan. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiarsarana Indoneisa.
Lasa, HS, 1995. Jenis-Jenis Layanan Informasi Perpustakaan. Jakarta : Bumi Aksara.
Sumardji, P, 1993. Perpustakaan : Organisasi dan Tata Kerjanya. Jogjakarta : Kanisius.
Septiyantono, Tri, 2003. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Jogjakarta : IAIN Sunan Kalijaga.
Rachmasari, Sri Rejeki. 2013. Penanganan Surat Elektronik (E-Mail) Di Perkantoran. Tugas Akhir. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2009. Efektifitas Email Untuk Pemasaran. Jurnal EKSIS, 2(2),26-31.
Oetomo, Budi Sutedjo Dharma, 2007, “Pengantar Teknologi Informasi Internet: Konsep dan Aplikasi”, Penerbit Andi
Bride Mac. 1995. Internet. Bekasi Timur: Percetakan KBI.
Sandrina Wijaya. 2009. Surat-Surat Kesekretariatan. Yogyakarta: Pustaka Grahatama.
Mico Pardosi. 2001. Pengenalan Internet. Surabaya: Indah Surabaya.
Apriansah, Imam, Darubekti, Nurhayati, Sa’diyah, Lailatus. 2022. Application of Inlislite Version 3.0 at Library and Archives Service of Bengkulu Province. Record and Library Journal. Vol 8 (1): 133-142.
Ramadan R. Andreyesta, Atmaja RK. 2021. Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Dengan Email Remainder. Jurnal Information Management for Educators and Professionals. Vol 5 (2): 11-20.
Fahmi, Mohammad Irham. 2020. Penerapan Software Inlislite dalam Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Umum Mastrip Jombang. Skripsi. Program Studi Ilmu Perpustakaan. Universitas Negeri Malang: Malang.
Rahayu, Sri. 2011. Optimalisasi Fitur Pengindeksan Winisis Untuk Ketepatan dan Kecepatan Layanan Penelusuran Pustaka Kelabu. Jurnal Pustakawan Indonesia . Vol. 11 No.2(14)
Candiasa, I Made, dkk. 2012. Pemerataan dan Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Komunitas Guru Online. Laporan Penelitian DIPA. Lembaga Penelitian Undiksha
Published
2024-06-28