Manajemen Sumber Daya Manusia Perpustakaan Menuju Pelayanan Yang Berkualitas

Authors

  • Ni Wayan Sri Budi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/msip.v4i2.4305

Keywords:

management, human resources, library and service quality

Abstract

ABSTRAK

Perpustakaan sebagai lembaga pendidikan dan lembaga penyedia informasi akan memiliki kinerja yang baik apabila didukung dengan manajemen yang memadai. Salah satu faktor penting adalah tersedianya sumber daya manusia (SDM). Sumber daya manusia adalah kunci utama perpustakaan, oleh karena kualitas perpustakaan ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia pengelolanya. Sumber daya manusia perpustakaan adalah orang yang sangat mengetahui ciri perpustakaan yang ideal dan memiliki keterampilan, keahlian, dan cara untuk membuat perpustakaannya mampu mencapai ciri tersebut. Manajemen sangat diperlukan dalam berbagai kehidupan untuk mengatur langkah-langkah yang harus dilaksanakan oleh seluruh elemen dalam suatu perpustakaan. Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen sumber daya manusia perpustakaan merupakan upaya yang harus terus digalakkan dalam menghadapi era informasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Kata Kunci : manajemen, sumber daya manusia, perpustakaan dan kualitas layanan

ABSTRACT

Libraries as educational institutions and information provider institutions will have good performance if supported by adequate management. One important factor is the availability of human resources (HR). Human resources are the main key to a library, because the quality of a library is determined by the quality of the human resources that manage it. Library human resources are people who really know the characteristics of an ideal library and have the skills, expertise and ways to make their library able to achieve these characteristics. Management is very necessary in various areas of life to regulate the steps that must be carried out by all elements in a library. Management is the process of planning, organizing, directing and monitoring the efforts of organizational members and the use of other organizational resources to achieve organizational goals. Library human resource management is an effort that must continue to be encouraged in facing the information era by utilizing advances in information and communication technology.

Keywords: management, human resources, library and service quality

 

References

Dewi, Laksmi dan Asep Dudi Suhardini. 2014. Peran Perpustakaan dan Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah/Madrasah. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dwijati, Siti. 2006. Upaya Meningkatkan Kualitas Jasa Layanan Informasi di Perpustakaan. Jakarta: Buletin Perpustakaan Universitas Airlangga.

Hartono. 2016. Kompetensi Pustakawan Profesional. Yogyakarta: Calpulis.

NS, Sutarno. 2012. Manajemen Perpustakaan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Samitra Media Utama. Nusantari,

Anita. 2012. Strategi Pengembangan Perpustakaan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya. Prastowo,

Andi. 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).

Saleh, Abdul Rahman dan Rita Komala Sari. 2014. Materi Pokok Manajemen Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sudiarta, I Ketut, dkk. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Perpustakaan. Denpasar:Universitas Udayana.

Downloads

Published

2024-12-10