Manajemen Sumber Daya Manusia Perpustakaan Menuju Pelayanan Yang Berkualitas
Abstract
ABSTRAK
Perpustakaan sebagai lembaga pendidikan dan lembaga penyedia informasi akan memiliki
kinerja yang baik apabila didukung dengan manajemen yang memadai. Salah satu faktor penting
adalah tersedianya sumber daya manusia (SDM). Sumber daya manusia adalah kunci utama
perpustakaan, oleh karena kualitas perpustakaan ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia
pengelolanya. Sumber daya manusia perpustakaan adalah orang yang sangat mengetahui ciri
perpustakaan yang ideal dan memiliki keterampilan, keahlian, dan cara untuk membuat
perpustakaannya mampu mencapai ciri tersebut. Manajemen sangat diperlukan dalam berbagai
kehidupan untuk mengatur langkah-langkah yang harus dilaksanakan oleh seluruh elemen dalam
suatu perpustakaan. Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan,
dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi
lainnya untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen sumber daya manusia perpustakaan
merupakan upaya yang harus terus digalakkan dalam menghadapi era informasi dengan
memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.
Kata Kunci : manajemen, sumber daya manusia, perpustakaan dan kualitas layanan
ABSTRACT
Libraries as educational institutions and information provider institutions will have good performance if
supported by adequate management. One important factor is the availability of human resources
(HR). Human resources are the main key to a library, because the quality of a library is determined by
the quality of the human resources that manage it. Library human resources are people who really
know the characteristics of an ideal library and have the skills, expertise and ways to make their library
able to achieve these characteristics. Management is very necessary in various areas of life to
regulate the steps that must be carried out by all elements in a library. Management is the process of
planning, organizing, directing and monitoring the efforts of organizational members and the use of
other organizational resources to achieve organizational goals. Library human resource management
is an effort that must continue to be encouraged in facing the information era by utilizing advances in
information and communication technology.
Keywords: management, human resources, library and service quality
References
Dewi, Laksmi dan Asep Dudi Suhardini. 2014. Peran Perpustakaan dan Tenaga
Perpustakaan Sekolah/Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di
Sekolah/Madrasah. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia. Dwijati, Siti. 2006. Upaya Meningkatkan Kualitas Jasa Layanan Informasi di Perpustakaan. Jakarta: Buletin Perpustakaan Universitas Airlangga. Hartono. 2016. Kompetensi Pustakawan Profesional. Yogyakarta: Calpulis. NS, Sutarno. 2012. Manajemen Perpustakaan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Samitra
Media Utama. Nusantari, Anita. 2012. Strategi Pengembangan Perpustakaan. Jakarta: PT. Prestasi
Pustakaraya. Prastowo, Andi. 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva
Press (Anggota IKAPI). Saleh, Abdul Rahman dan Rita Komala Sari. 2014. Materi Pokok Manajemen Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Sudiarta, I Ketut, dkk. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Perpustakaan. Denpasar:
Universitas Udayana.