Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Literasi Informasi bagi Pemustaka
DOI:
https://doi.org/10.23887/msip.v4i2.4307Keywords:
information literacy, library, library, digital technology, librarianAbstract
Abstrak
Perpustakaan merupakan institusi strategis dalam mendukung pengembangan literasi informasi, terutama di era digital yang ditandai oleh banjir informasi dari berbagai sumber. Literasi informasi adalah kemampuan individu untuk mengenali kebutuhan informasi, mencari, mengevaluasi, dan menggunakannya secara efektif dalam berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi bagi pemustaka, termasuk program-program yang dilaksanakan, tantangan yang dihadapi, dan strategi pengembangan layanan. Kajian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis literatur dari jurnal, buku, dan laporan penelitian terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa perpustakaan memiliki peran signifikan dalam mendukung keterampilan literasi informasi, terutama melalui penyediaan sumber daya berkualitas, pelatihan, dan program literasi. Namun, perpustakaan menghadapi tantangan seperti rendahnya partisipasi masyarakat, kesenjangan teknologi, serta keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan strategi inovatif, seperti integrasi teknologi digital, kolaborasi dengan lembaga pendidikan, dan peningkatan kompetensi pustakawan. Kesimpulannya, perpustakaan dapat menjadi agen literasi informasi yang efektif apabila didukung oleh kebijakan dan implementasi program yang tepat. Studi ini merekomendasikan penguatan peran perpustakaan dalam ekosistem pendidikan untuk mendukung pembelajaran sepanjang hayat.
Kata Kunci: literasi informasi, perpustakaan, pemustaka, teknologi digital, pustakawan
Abstract
Libraries are strategic institutions in supporting the development of information literacy, especially in the digital era which is characterized by a flood of information from various sources. Information literacy is an individual's ability to recognize information needs, search for, evaluate, and use it effectively in various contexts. This research aims to examine the role of libraries in increasing information literacy for users, including the programs implemented, challenges faced, and service development strategies. This study uses a literature study method by analyzing literature from journals, books and related research reports. The study results show that libraries have a significant role in supporting information literacy skills, especially through providing quality resources, training and literacy programs. However, libraries face challenges such as low community participation, technology gaps, and limited budget and human resources. To overcome this challenge, innovative strategies are needed, such as the integration of digital technology, collaboration with educational institutions, and increasing the competence of librarians. In conclusion, libraries can be effective information literacy agents if supported by appropriate policies and program implementation. This study recommends strengthening the role of libraries in the education ecosystem to support lifelong learning.
Keywords : information literacy, library, library, digital technology, librarian
References
Adyanti, A. M., Fitria, A. R., & Rachman, I. F. (2024). Pengembangan Kurikulum Berorientasi Literasi Digital; Upaya Menuju Masa Depan Berkelanjutan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 385–393.
Anjali, M. E. C., & Istiqomah, Z. (2020). Meningkatkan literasi informasi penulisan karya ilmiah mahasiswa melalui pelatihan zotero. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(2), 198–210. https://doi.org/10.22146/bip.v16i2.104
Azaki, F. F. (2023). Kemampuan Literasi Informasi Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Negeri Padang Menggunakan Information Literacy Standars For Higher Education. Al Maktabah, 8(1), 66. https://doi.org/10.29300/mkt.v8i1.7712
Dorsa, D. M., & Connors, M. H. (1979). Canine growth hormone responsiveness during pentobarbital anesthesia: A method for evaluating serotoninergic stimulatory action. Endocrinology, 104(1), 101–104. https://doi.org/10.1210/endo-104-1-101
Endarti, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990
Hamidah, A., & Fistiyanti, I. (2019). Kemampuan Literasi Informasi Generasi Milenial pada Pemustaka di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya Aries Hamidah. Indonesian Journal of Academic Librarianship, 3(1), 15–27.
Hardianty, S., Muliardi, R., Maulinda, I., Gunawan, N., Islam, M. P., & Syariah, P. (2024). Penguatan peran profesi pustakawan dalam meningkatkan literasi masyarakat. 5(2), 1608–1617.
Hidayah, Y., Dwi Kurniawan, I., & Nawang Ginusti, G. (2023). JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (Print) Penggunaan Literasi Informasi untuk Pengembangan Watak Kewarganegaraan: Interaksi antara Pendidikan Kewarganegaraan, Teknologi dan Bahasa. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 65–75. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index
Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia Selama Pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 187–200. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200
Kirana, A. N., Lestari, E. P., & Rachman, I. F. (2024). Peningkatan Literasi Digital Melalui Kolaborasi Pemerintah, Sektor Swasta, Dan Masyarakat: Kontribusi Terhadap Pencapaian SDGS 2030 Dalam Pendidikan. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1–8.
Komalasari, Y., Yiharodiyah, L., & Kristiawan, M. (2023). Digital Transformation: Building a Literacy Bridge for the Zoomers Generation through Digital Library Needs Analysis. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(4), 700–709. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i4.1015
Mansyur, U., & Indonesia, U. M. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. December. Maqruf, R. D. (2021). Bahaya Hoaks Dan Urgensi Literasi Media: Studi Pada Mafindo Solo Raya. Academic Journal of Da’wa and Communication, 2(1), 121–150. https://doi.org/10.22515/ajdc.v1i1.3273
Mujahidin, I. A., Sunarsih, D., & Toharudin, M. (2022). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN Sawojajar 01. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 182–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.7165714
Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 43. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-DIGITAL.pdf
Ningsih, L. S., & Sayekti, R. (2023). Peran perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi di kalangan masyarakat: sebuah systematic literature review. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 11(2), 141–156. https://doi.org/10.18592/pk.v11i2.10104
Putri, N. M., Listiawati, W., & Rachman, I. F. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Dalam Konteks Sdgs 2030. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 349–360. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.1208
Putri, S. C., & Irhandayaningsih, A. (2021). Literasi Informasi Generasi Millennial dalam Bermedia Sosial untuk Mengatasi Penyebaran Berita Hoax Terkait Covid-19 di Kabupaten Pati. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 5(3), 491–504. https://doi.org/10.14710/anuva.5.3.491-504
Rosalia, D. R., & Masruri, A. (2024). Peningkatan Literasi Informasi Melalui Seminar Pengenalan Artificial Intelligence dan Ragam Research Tools dalam Penulisan Karya Ilmiah di Perpustakaan STIPRAM Yogyakarta. Jurnal Adabiya, 26(1), 55. https://doi.org/10.22373/adabiya.v26i1.21328
Sabilah, Z. A., & Fadly, A. (2024). Sebagai Upaya Memperbaiki Kualitas Pengajaran Siswa untuk Meningkatkan Fokus Belajar dan Revitalisasi Perpustakaan. Semnasfip, 1884–1892. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/23774%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/viewFile/23774/11064
Safitri, D., Aulia, nadhifa N., & Wijaya, R. V. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Memenuhi Kebutuhan Sumber Informasi dan Pembelajaran. Journal of Strategic Communication, 15, 13.
Santoso, G., Supiati, A., Komalasari, L., Hafidah, I., & Toton Subandi, E. (2023). Kewarganegaraan digital di era industri 4.0: tantangan dan peluang membangun masyarakat global yang inklusif. Jupetra: Jurnal Pendidikan Transformatif, 02(02), 141–146.
Sinaga, W. M. B. B., & Firmansyah, A. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.492
Subarjo, A. H., & Setianingsih, W. (2020). Literasi Berita Hoaxs Di Internet Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Mahasiswa (Studi Tentang Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa STT Adisutjipto Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 1. https://doi.org/10.22146/jkn.51109
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Conference Series Journal, 1(1), 1–7. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14284
Sukri, M., & Wahyuni, S. (2024). Perpustakaan Sebagai Jantung Pendidikan. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 319–334. https://doi.org/10.54066/jikma itb.v1i3.463
Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 16(2), 179–189. https://doi.org/10.21831/diksi.v16i2.6617
Waruwu, E. W., & Lawalata, M. (2024). Membangun Masyarakat Digital Yang Beretika: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Kristen Di Era Teknologi Digital 5.0. Didache: Journal of Christian Education, 5(1), 22–46. https://doi.org/10.46445/djce.v5i1.747
Wijatiningsih, D., & Zulaikha, S. R. (2020). Kualitas Kepemimpinan Bagi Masa Depan Perpustakaan Umum. TADWIN : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 120–127. https://doi.org/10.19109/tadwin.v1i2.6051
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Universitas Pendidikan Ganesha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

