Validitas Data pada Sistem Informasi Asistensi Mengajar Kampus Merdeka di Universitas Pendidikan Ganesha
DOI:
https://doi.org/10.23887/msip.v5i1.5503Keywords:
Validitas, SI-MAMKAMAbstract
Asistensi mengajar di satuan pendidikan merupakan kegiatan pembelajaran kolaboratif antara mahasiswa, guru, dan dosen pembimbing di sekolah formal. Program ini dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) selama satu semester pada tahun akademik 2022/2023. Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperdalam ilmu pendidikan, mendampingi guru, dan membantu meningkatkan pemerataan serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Ipteks). Pelaksanaan program ini memerlukan instrumen penilaian yang akurat untuk memastikan pencapaian substansi Merdeka Belajar. Instrumen tersebut mencakup validitas biodata mahasiswa, dosen, dan guru pembimbing, lokasi kegiatan, jadwal, serta laporan pembimbingan. Dalam rangka meningkatkan validitas data, penelitian dilakukan melalui eksperimen pada Sistem Informasi Mahasiswa Asistensi Mengajar Kampus Merdeka (SI-MAMKaM) dengan sistem PLP, PKL, dan KKN reguler sebagai kontrol. Penelitian ini melibatkan seluruh pelaksana kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang dibagi ke dalam kelas eksperimen dan kontrol berdasarkan variabel tertentu. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS untuk menguji homogenitas, normalitas, koefisien determinasi, serta uji simultan dan parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas data pada SI-MAMKaM memerlukan pembaruan secara berkala karena pergerakan data yang dinamis. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa pengelolaan sistem informasi yang up-to-date diperlukan untuk meningkatkan validitas data dan efektivitas implementasi asistensi mengajar di Undiksha. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan sistem informasi pendidikan yang lebih baik.
Kata kunci: Validitas SI-MAMKAM
Abstract
Teaching assistance in educational units is a collaborative learning activity involving students, teachers, and supervising lecturers in formal schools. This program is implemented by Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) for one semester in the 2022/2023 academic year. The program aims to provide students with opportunities to deepen their educational knowledge, assist teachers, and contribute to enhancing the equity and relevance of primary and secondary education with higher education in line with the development of science and technology (Ipteks). The program's implementation requires accurate assessment instruments to ensure the achievement of Merdeka Belajar (Freedom to Learn) principles. These instruments include the validity of student, lecturer, and teacher mentor biodata, activity locations, schedules, and mentoring reports. To improve data validity, research was conducted through experimentalstudies on the Sistem Informasi Mahasiswa Asistensi Mengajar Kampus Merdeka (SI-MAMKaM), with PLP, PKL, and regular KKN systems as controls. This study involved all participants in the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) activities, divided into experimental and control groups based on specific variables. Data analysis was performed using SPSS to test homogeneity, normality, determination coefficients, and simultaneous and parametric tests. The findings indicate that data validity in the SI-MAMKaM requires periodic updates due to dynamic data movement. These results support the hypothesis that up-to-date information system management is essential to enhance data validity and the effectiveness of teaching assistance implementation at Undiksha. This research is expected to contribute to the development of better educational information systems.
Keywords : Validity of SI-MAMKaM
References
Adhi Setiawan. (2020). Analisis Perancang Sistem. In Universitas Binadarma (Issue 2010, pp. 1–16). Ali, E., -, S., & -, R. (2018). Manajemen Sistem Data dan Informasi Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pada Perguruan Tinggi. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 3(1), 85–89. https://doi.org/10.33372/stn.v3i1.358
Ati, S., Kistanto, Nurdien, & Taufik, A. (2018). Pengantar Konsep Informasi, Data, dan Pengetahuan. In Modul Pembelajaran (Issue 1, pp. 11–18).
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. In Binus.
Darmoyo, D. (2020). Pengertian Dasar Data, Informasi, Sistem dan Sistem Informasi. In Stie Igi Jakarta (pp. 1–10).
Dirjen Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan MBKM. In Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (ke-1, pp. 1–42).
Hasad, A. (2011). Verifikasi dan validasi dalam simulasi model. 1–17. Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593
Hikmah, & Muslimah. (2021). Validitas dan Reliabilitas Tes dalam Menunjang Hasil Belajar PAI. Proceedings, 1, 345–356.
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Universitas Pendidikan Ganesha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

