PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN DALAM ERA GLOBALISASI
Abstract
ABSTRAK
Pustakawan merupakan ujung tombak keberhasilan penyebarluasan informasi di
perpustakaan. Persaingan global menuntut adanya kompetensi dan sikap profesionalisme dari
para pustakawan.Pustakawan dituntut untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dan
profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Hal tersebut dimaksudkan agar
pustakawan dapat berkompetisi dan berkolaborasi dengan profesi informasi yang lain, khususnya
untuk memajukan dunia kepustakawanan. Kompetensi dan profesionalisme menjadi hal
terpenting bagi pustakawan diperpustakaan khusus dalam menjaga dan meningkatkan eksistensi
mereka di lingkungan pekerjaannya. Dengan kompetensi yang memadai dan bekerja secara
profesional, citra pustakawan dapat diubah menjadi lebih baik karena selama ini masyarakat
masih menganggap pustakawan hanya sebagai tenaga teknis dan administrasi perpustakaan.
Melalui peningkatan kompetensi dan profesionalisme, pustakawan dapat meningkatkan
derajatnya sebagai tenaga fungsional yang profesional di bidang perpustakaan serta mampu
berperan aktif dalam setiap aktivitas lembaga induknya. Untuk mewujudkan hal tersebut,
diperlukan beberapa upaya untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pustakawan,
antara lain Adapun upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pustakawan, antara
lain mengikuti pendidikan formal, diklat, workshop atau seminar , mengikuti sekolah kepribadian,
menciptakan lingkungan dan budaya organisasi yang baik, mengembangkan human relation
yang baik dan memiliki motivasi tinggi.
Kata kunci: Pustakawan, kompetensi, profesionalisme
ABSTRACT
Librarians are the spearhead of the success of disseminating information in libraries.
Global competition demands competence and professionalism from librarians. Librarians are
required to continually improve their competence and professionalism in carrying out their duties
and functions. This is intended so that librarians can compete and collaborate with other
information professions, especially to advance the world of librarianship. Competence and
professionalism are the most important things for librarians in special libraries in maintaining and
improving their existence in their work environment. With adequate competence and working
professionally, the image of librarians can be changed for the better because so far society still
considers librarians only as technical and administrative personnel in libraries. By increasing
competence and professionalism, librarians can increase their status as professional functional
staff in the library sector and are able to play an active role in every activity of their parent
institution. To make this happen, several efforts are needed to increase the competence and
professionalism of librarians, including efforts to increase the competence and professionalism of
librarians, including attending formal education, training, workshops or seminars, attending
personality schools, creating a good organizational environment and culture, developing Good
human relations and highly motivated.
Key words: Librarian, competence, professionalism
References
Daryono. Kompetensi Pustakawan Dalam memberikan layanan prima Di perpustakaan
perguruan tinggi. digilib.unsri.ac.id/download/Kompetensi Pustakawan Dalam
Memberikan Layanan Prima Di Perpustakaan Perguruan Tinggi.pdf
Hs., Lasa. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perpustakaan . Yogyakarta: Penerbit
Ombak.
Indonesia, 2009. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta:
Perpustakaan Nasional RI
Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU No.43
Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Kemendikbud.
Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak
Kismiyati, Titik.(2008).Kompetensi pustakawan perguruan tinggi. Makalah disampaikan pada
rapat kerja nasional FPPTI pada tanggal 21 Agustus 2008 di Bogor. Mustika, P. (2017). Profesionalisme Pustakawan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam
Indonesia, 27-33. Mustofa.B. (2005). Memenuhi harapan pengguna tentang layanan prima di perpustakaan
melalui penerapan SOP digital.Jurnal Pustakawan Indonesia, 7 (1). Santoso, Hari. 2012. “Peningkatan Kompetensi Pustakawan Pada Perpustakaan Perguruan
Tinggi Untuk Mewujudkan Kinerja Unggulan”. Tersedia pada
(http://digilib.um.ac.id/images/stories/pustakawan/pdfhasan/peningkatan%20ko
mpetensi%20pustakawan.pdf). Diakses pada tanggal 13 Desember 2018. Sri Rumaini.(2008).Kompetensi pustakawan dan teknologi informasi untuk meningkatkan
pelayanan di Perpustakaan Nasional. Visipustaka:10(3). Sulistiyo-Basuki. (1993).Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Suwarno, W. (2017). Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan. Jogyakarta: AR- Ruzz
Media. Wahida, 2019. “UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESI USTAKAWAN
DALAM MENDUDUKI JABATAN FUNGSIONAL” Khazanah Intelektual Volume 3 Nomor 3
Tahun 2019
MSIP, Vol. 5 No. 1, Juni 2025
ISSN 2808-4659
Widijanto, Tjahjono. (2008). Memanfaatkan teknologi informasi Perpustakaan Nasional
menjalankan amanat Undang-Undang Perpustakaan. Visipustaka, 10(3