Peningkatan Kompetensi Dan Profesionalisme Pustakawan Dalam Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/msip.v5i1.5506Keywords:
Pustakawan, kompetensi, profesionalismeAbstract
ABSTRAK
Pustakawan merupakan ujung tombak keberhasilan penyebarluasan informasi di perpustakaan. Persaingan global menuntut adanya kompetensi dan sikap profesionalisme dari para pustakawan. Pustakawan dituntut untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Hal tersebut dimaksudkan agar pustakawan dapat berkompetisi dan berkolaborasi dengan profesi informasi yang lain, khususnya untuk memajukan dunia kepustakawanan. Kompetensi dan profesionalisme menjadi hal terpenting bagi pustakawan di perpustakaan khususnya dalam menjaga dan meningkatkan eksistensi mereka di lingkungan pekerjaannya. Dengan kompetensi yang memadai dan bekerja secara profesional, citra pustakawan dapat diubah menjadi lebih baik.
References
Daryono. Kompetensi Pustakawan Dalam memberikan layanan prima Di perpustakaan perguruan tinggi. digilib.unsri.ac.id/download/Kompetensi Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Prima Di Perpustakaan Perguruan Tinggi.pdf
Hs., Lasa. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perpustakaan . Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Indonesia, 2009. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Kemendikbud.
Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak
Kismiyati, Titik.(2008).Kompetensi pustakawan perguruan tinggi. Makalah disampaikan pada rapat kerja nasional FPPTI pada tanggal 21 Agustus 2008 di Bogor. Mustika, P. (2017). Profesionalisme Pustakawan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam
Indonesia, 27-33. Mustofa.B. (2005). Memenuhi harapan pengguna tentang layanan prima di perpustakaan melalui penerapan SOP digital.Jurnal Pustakawan Indonesia, 7 (1). Santoso, Hari. 2012. “Peningkatan Kompetensi Pustakawan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Untuk Mewujudkan Kinerja Unggulan”. Tersedia pada (http://digilib.um.ac.id/images/stories/pustakawan/pdfhasan/peningkatan/kompetensi/pustakawan.pdf). Diakses pada tanggal 13 Desember 2018.
Sri Rumaini.(2008).Kompetensi pustakawan dan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan di Perpustakaan Nasional. Visipustaka:10(3). Sulistiyo-Basuki. (1993).Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Suwarno, W. (2017). Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan. Jogyakarta: AR- Ruzz
Media. Wahida, 2019. “UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESI USTAKAWAN DALAM MENDUDUKI JABATAN FUNGSIONAL” Khazanah Intelektual Volume 3 Nomor 3 Tahun 2019
Widijanto, Tjahjono. (2008). Memanfaatkan teknologi informasi Perpustakaan Nasional menjalankan amanat Undang-Undang Perpustakaan. Visipustaka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Universitas Pendidikan Ganesha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

