Strategi Perpustakaan Dalam Memilih Buku Bacaan Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak ( Tinjauan / Ulasan Ilmiah )
DOI:
https://doi.org/10.23887/msip.v5i1.5507Keywords:
perpustakaan, pemilihan buku, anak-anak, minat bacaAbstract
ABSTRAK
Salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh sejauhmana masyarakatnya mencintai buku-buku serta sejauhmana minat baca masyarakatnya. Minat baca khususnya di kalangan anak-anak belum menggembirakan. Perpustakaan sebagai pusat sumber informasi dan pusat sumber pembelajaran, dapat membuat strategi khususnya dalam memilih bahan bacaan anak agar bahan bacaan yang disediakan disukai, menarik dan dimanfaatkan oleh anak-anak ketika berkunjung ke perpustakaan. Keberadaan buku bacaan di perpustakaan memberi manfaat bagi anak, yaitu (1) mengembangkan kemampuan berpikir, (2) meningkatkan kemampuan bahasa, (3) meningkatkan imajinasi dan kreativitas, (4) memahami nilai moral, (5) meningkatkan keterampilan motorik, (6) Menguatkan hubungan orangtua dan anak, dan (7) memberikan persfektif pada dunia sekitar.. Pemilihan dan penyediaan bahan bacaan bagi anak harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan jiwanya, karakteristik anak-anak dan bahan bacaannya dikemas dengan menarik sehingga anak-anak termotivasi untuk membacanya.
Kata kunci : perpustakaan, pemilihan buku, anak-anak, minat baca
ABSTRACT
One measure of a nation's progress is determined by the extent to which its people love books and the extent of their people's interest in reading. Interest in reading, especially among children, is not yet encouraging. Libraries as information resource centers and learning resource centers can create strategies, especially in selecting children's reading materials, so that the reading materials provided are liked, interesting and utilized by children when visiting the library. The existence of reading books in the library provides benefits for children, namely (1) developing thinking skills, (2) improving language skills, (3) increasing imagination and creativity, (4) understanding moral values, (5) improving motor skills, (6) Strengthen the relationship between parents and children, and (7) provide a perspective on the world around them. The selection and provision of reading materials for children must be adjusted to their level of mental development, the characteristics of the children and the reading materials packaged in an attractive way so that children are motivated to read them.
Keywords: library, book selection, children, interest in reading
References
Indonesia, 2007. Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta:
Perpustakaan Nasional RI -------------, 2014. Peraturan Pemerintah RI Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Kemendikbud
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Kontekstual di SD. Jakarta: Bumi Aksara
Rusman, 2008. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Angkasa
Tarigan, H.G. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wiryodijoyo, Suwaryono, 1989. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Dikti, Dekdikbud
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Universitas Pendidikan Ganesha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

