PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN SISWA SMP NEGERI 2 SINGARAJA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL SECARA BIJAK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

Isi Artikel Utama

Dewa Gede Sudika Mangku
Ni Putu Rai Yuliartini

Abstrak

Perkembangan pornografi yang semakin marak tidak lepas kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Konten pornografi yang awalnya didistribusikan melalui Digita Versatile Disk (DVD) ataupun Versatile Compact Disk (VCD), saat ini dapat diakses dengan mudah melalui laptop, tablet, smartphone, serta peangkat digital lainnya dengan didukung oleh koneksi internet. Program ini merupakan program yang bersifat terminal dalam rangka peningkatan Pemahaman Dan Kemampuan Siswa SMP Negeri 2 Singaraja Dalam Menggunakan Media Sosial Secara Bijak Berdasarkan Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik, dilakukan dengan sistem jemput bola. Dalam pelaksanaannya, program ini akan mengacu pada pola sinergis antara tenaga pakar dan praktisi dari Universitas Pendidikan Ganesha dan istansi terkait yakni Kantor Dinas Pendidikan. Di sisi lain, program ini juga diarahkan pada terciptanya iklim kerjasama yang kolaboratif dan demokratis antara dunia perguruan tinggi dengan masyarakat secara luas di bawah koordinasi instansi-instansi terkait. Berdasarkan hal tersebut diatas, maka program ini erat kaitannya dengan Tri Dharma Perguruan tinggi, yaitu dharma yang ketiga tentang pengabdian kepada masyarakat. Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat saat ini telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di dalamnya. Penggunaan internet dan web jejaring sosial tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kegiatan akademik siswa tapi juga bagi guru. Internet dan web jejaring sosial dapat memberi kemungkinan bagi guru untuk menggali maupun bertukar informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata pelajaran yang menjadi bidang ampuannya. Melalui penggunaan internet dan web jejaring sosial, guru akan selalu siap mengajarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir kepada siswa. Hal ini tentu saja menuntut kemampuan guru itu sendiri untuk selalu giat mengakses website dalam bidang yang menjadi keahliannya. Hal ini sejalan dengan definisi atau arti dari perangkat media dan teknologi pembelajaran di sekolah dalam arti luas, yang mencakup perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan sumberdaya manusia (humanware) yang dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Dengan kerjasama tim pengabdian yang baik dan peran serta aktif dari narasumber dalam kegiatan ini, maka semuanya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga nantinya pelaksanaan program ini selanjutanya yakni evaluasi terhadap pelaksanaan program dapat segara dilakukan, dan harapannya nanti mampu menghasilkan luaran-luaran yang sesuai dengan harapan tim pelaksana program pengabdian kepada masyarakat ini.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Buku
Achmad, A. (2017). Pengaruh Antara Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMA Negeri 1 Enrekang dan MA Muhammadiyah Kalosi, Kabupaten Enrekang Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Hasanuddin.
Fitri, M. E. Y., & Marina, A. (2017). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Sosial. Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas, Volume 19 Nomor (1).
Kurnia, Novi., dkk. 2017. Pemetaan Gerakan Dan Isu Literasi Digital Di Indonesia.
Yogyakarta: Program Pascasarjana Komunikasi FISIPOL UGM.
Nasution, Zulkarimein. 2004. Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Poerwaningtias, Intania, dkk. 2013. Model-Model Gerakan Literasi Media Dan Pemantauan Media Di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Kajian Media dan Budaya Populer dan Yayasan TIFA.
Potter, W. James. 2011. Media Literacy. Fifth Edi tion. Los Angeles, London, New Delhi, Singa pore, Washington DC: Sage Publication.
Riel, J., Christian, S., & Hinson, B. 2012. Charting Digital Literacy: A framework for information technology and digital skills education in the community college. Presentadoen Innovations.
Rogers, Everett M. 1992.Komunikasi dan Pembangunan Perspektif Kritis. Jakarta: LP3ES.


Sudarmanti, Rini & Yusuf, Kurniawaty. 2016. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Komunikasi Ibu dan Anak Remaja. The 3rd Indonesia Media Research Awards & Summit (IMRAS). Jakarta: Serikat Perusahaan Pers.
Triastuti, Endah, dkk. 2017. Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak dan Remaja. Jakarta: Puskakom.
Yuliartini, N. P. R. (2019). Kenakalan Anak dalam Fenomena Balapan Liar di Kota Singaraja Dalam Kajian Kriminologi. Jurnal Advokasi, 9(1), 31-43.
Yuliartini, N. P. R. (2019). Legal Protection For Victims Of Criminal Violations (Case Study Of Violence Against Children In Buleleng District). Veteran Law Review, 2(2), 30-41.
Yuliartini, N. P. R. (2010). Anak Tidak Sah Dalam Perkawinan Yang Sah (Studi Kasus Perkawinan Menurut Hukum Adat Bonyoh). Jurnal IKA, 8(2).
Yuliartini, N. P. R. (2021). Legal Protection of Women And Children From Violence In The Perspective Of Regional Regulation of Buleleng Regency Number 5 Year 2019. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 89-96.
Yuliartini, N. P. R., & Mangku, D. G. S. (2020). Penyidikan Terhadap Anak Sebagai Pelaku Tindak Pidana Penganiayaan Yang Mengakibatkan Kematian (Studi Kasus Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Buleleng). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 145-154.

Peraturan Perundang-Undang
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan
Transaksi Elektronik (ITE)