PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PLATFORM EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Main Article Content

S. Anggraini
I.N. Suparta
I.G.P. Sudiarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik serta validitas, kepraktisan dan efektivitas  perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning dengan platform Edmodo yang mampu meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan mengacu pada prosedur pengembangan Plomp, meliputi: (1) penelitian awal, (2) fase prototipe, dan (3) fase penilaian. Objek penelitian ini adalah SMPK 1 Harapan dengan guru dan siswa kelas VIII SMPK 1 Harapan sebagai subjek penelitian. Data kualitas perangkat pembelajaran dikumpulkan dengan lembar validasi, lembar keterlaksanaan, angket respons guru dan siswa, angket minat belajar serta tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik : (1) Buku siswa (berbasis Discovery Learning, kontekstual dan terdapat ruang bagi siswa untuk menuliskan kesimpulan dari kegiatan yang dilaksanakan); (2) Buku guru (berbasis Discovery Learning, berisi alternatif tindakan dan penyelesaian masalah yang terdapat pada buku siswa); dan (3) Untuk RPP, Prosedur atau langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan oleh guru disesuaikan model Discovery Learning dan platform Edmodo. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas valid (skor rata-rata 3,14), praktis (skor rata-rata 3,03 didasarkan pada keterlaksanaan perangkat pembelajaran dari sudut pandang pengamat, guru, dan siswa) dan efektif (skor rata-rata 80,22 kemampuan pemahaman konsep siswa dan 3,14 untuk rata-rata minat belajar siswa). 

Article Details

Section
Articles

References

Anderson, L.W., & Karthwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, dan Assesing, A revision of Blooms Taxonomy of Education Objectives.Addison Wesley Lonman Inc.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Rineka Cipta.

Basori. (2013). Pemanfaatan social learning network “EDMODO” dalam membantu perkuliahan teori bodi otomotif di prodi PTM JPTK FKIP UNS . JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 6(2), 99-105. https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i2.12562

Candiasa, I.M. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPPS. Universitas Pendidikan Ganesha: Unit Penerbit Universitas Pendidikan Ganesha.

Dwi, I., Hatip, A., & Anshori, S. (2018). Penggunaan E-Learning Berbasis Media Sosial Edmodo bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Mulyorejo I Surabaya. KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 201-210. https://scholar.archive.org/work/dwys5aszm5grxgzfffv5dhu3qu/access/wayback/http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/KGU/article/download/533/303/

Hiebert, J. & Carpenter P. T. (1992). Learning and Teaching with Understanding. Dalam D. A. Grouws (Ed.) Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. (h. 65 – 100).Macmillan Publishing Company.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Kyriacou, C. (2009) Effective Teaching in Schools: Theory and Practice.Third Edition. Delta Place, Cheltenham, UK: NelsonThornes Ltd.

Kunandar. (2014). Penilaian Auntentik (Penilaian hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 ): Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Ed. Rev. Rajawali Pers.

Lie, A. (2016). Cooperative Learning Mempraktekkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Grasindo.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Prinsiples and Standards for School Mathematics. NCTM.
Plomp, T. & Nieveen, N. (2010). An Introduction to Educational Design Research. Netzodruk.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Sadra, I W. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan dalam Pelatihan Guru Kelas I Sekolah Dasar. Desertasi (Tidak diterbitkan). Unesa.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Beorientasi Stndar Proses Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Nasional.

Suharta, (2013). Penelitian Desain. Bahan Ajar Perkuliahan (tidak diterbitkan). Undiksha.

Suherman, E., et al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Indonesia.

Sumardi, Suryabrata. 2004. Psikologi Kepribadian. PT Raja Grafindo Persada.

Suparta, I N., et al. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Berbasis Kegiatan Pembelajaran dengan Latar Pengajuan Masalah. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan. Undiksha.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Perpustakaan Nasional.

Wicaksono, A. 2019. Pengembangan Perangkat Belajar Fisika Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Aplikasi Edmodo Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Dan Keterampilan Kreatif Peserta Didik SMA. Universitas Negeri Yogyakarta.